Analisis Efektivitas Penerapan Metode Ceramah Sebagai Strategi Pembelajaran

Penulis

  • Intan Insyani Harahap Universitas IsIam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Strategi, Pembelajaran, Efektif, Metode, Ceramah

Abstrak

Salah satu metode mengajar yang paling banyak digunakan pada proses belajar mengajar adalah ceramah, yang dilakukan dengan memberikan materi pelajaran pada siswa secara ekspresi atau eksklusif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sempurna Pada zaman sekarang ini, pemilihan strategi pembelajaran lebih modern, strategi pembelajaran digabungkan dengan penggunaan teknologi sehingga lebih canggih dan menarik. Pada penelitian ini, penulis ingin menganalisis seberapa efektif metode ceramah dapat diterapkan, apakah masih efektif dan efesien seperti dulu atau malah sebaliknya. Peneliti menggunakan metode wawancara langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan relavan tentang seberapa efektif metode cerama sebagai strategi pembelajaran.

Referensi

Anwar, Faisal. “Generasi Alpha: Tantangan Dan Kesiapan Guru Bimbingan Konseling Dalam Menghadapinya.” At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam 5, no. 2 (2022): 68–80.

Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 1–9.

Aswad, Hijrawatil. “Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion)Terhadap Motivasi Belajar Ips Murid Kelas V Sd Negeri Ii Bone-Bone Kota Baubau.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2019): 135–160.

Hamzah B.Uno. Model Pembelajaran, 2007.

Hasanah, Muwahidah Nur, and Wibawati Bermi. “Metode Pembelajaran PAI,” 2022.

Haudi, "Strategi Pembelajaran," 2021.

Idrus, Muhammad, Hamuni, and Aswati. Strategi Pembelajaran (Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran), 2021.

Lamatenggo, nina. “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar.” Pardigma Penelitian (2020): 85–94.

Lontoh, Fadlian, and Maria Sihombing. “Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa” (2021): 1–16.

Mauizatul, Hasanah and, and Nurmina. “Implementasi Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Social.” Pendidikan dan Keguruan 1, no. 1 (2023): 32–42.

Nasih, Ahmad Munjin, and Lilik Nur Kholidah. “Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.”

Rusandi, and Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2, no. 1 (2021): 48–60.

Sangid, Akhmad, and Mohammad Muhib. “Strategi Pembelajaran.” Tarling : Journal of Language Education 2, no. 1 (2019): 1–22.

Sanjani, Maulana Akbar. “Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 10, no. 2 (2021): 32–37.

Sulaiman. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI). PeNA, 2017.

Tambak, Syahraini. “Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Tarbiyah 21, no. 2 (2014): 375–401.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-20