https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/azkiya/issue/feed AZKIYA 2025-01-13T07:22:34+00:00 Fakultas Agama Islam [email protected] Open Journal Systems <p><strong>Azkiya: Jurnal Ilmiah Pengkajian dan Penelitian Pendidikan Islam</strong>, <strong>P-ISSN: 2622-0091, E-ISSN: 2622-8424</strong> is a blind peer-reviewed, published by Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong, Indonesia, is a peer-reviewed open access international journal published twice in a year (June-December). <em>Azkiya: Jurnal Ilmiah Pengkajian dan Penelitian Pendidikan Islam</em> is a Islamic Education research and article journal. Intended to communicate original researches, methodology and current issues on the subject.</p> https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1786 PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER 2025-01-13T07:22:34+00:00 Habib Zainuri [email protected] Syahreza Irawan [email protected] Rianggi Dwi Saputri [email protected] Lisna Najibah [email protected] <p>Tujuan dari pengembangan kurikulum berbasis karakter adalah untuk menghasilkan kurikulum baru, mengimplementasikan kurikulum, meningkatkan dan mengadaptasi kurikulum yang ada, dan mengawasi kurikulum pendidikan dasar. Sebagai bagian dari pengawasan ini, kurikulum diamati, dinilai, dan direvisi sebagai tanggapan terhadap umpan balik dari pelaksanaan kurikulum pendidikan dasar di lembaga-lembaga pendidikan baik di dalam maupun di luar kelas. Pembuatan kurikulum harus didasarkan pada tujuan pendidikan nasional, Pancasila, nilai-nilai budaya dan agama, serta tujuan nasional. Sangat penting untuk mengembangkan kurikulum untuk meningkatkan pendidikan karakter di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kegiatan apa saja yang termasuk dalam kurikulum untuk membantu meningkatkan pendidikan karakter, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peningkatan pendidikan karakter, dan bagaimana pengembangan kurikulum dapat meningkatkan cara penerapan pendidikan karakter. Meskipun pendidikan karakter pada dasarnya adalah urusan rumah tangga, pendidikan karakter berbasis sekolah juga sama pentingnya. Jika seorang anak menerima pendidikan karakter yang baik dari keluarganya, mereka akan tumbuh menjadi orang yang baik. Namun, banyak orang tua yang lebih mementingkan kecerdasan daripada pendidikan karakter.</p> 2025-01-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AZKIYA https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1764 PERENCANAAN PENDIDIKAN YANG EFEKTIF: MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG INOVATIF 2024-12-20T13:14:12+00:00 Akhmad Riadi [email protected] <p>Perencanaan pendidikan yang efektif merupakan faktor kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji prinsip-prinsip perencanaan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan era modern, termasuk pengelolaan sumber daya, keterlibatan pemangku kepentingan, dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, studi ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk menganalisis literatur yang membahas strategi perencanaan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang efektif melibatkan pemanfaatan data berbasis analisis, fleksibilitas dalam adaptasi terhadap perubahan, serta evaluasi berkelanjutan untuk memastikan relevansi dan efektivitas. Lingkungan belajar yang inovatif dapat diwujudkan melalui pendekatan kolaboratif, penerapan teknologi pendidikan, serta pembelajaran berbasis masalah yang mendorong keterlibatan siswa secara aktif. Dengan perencanaan yang strategis, pendidikan dapat menjadi lebih responsif terhadap tantangan global sekaligus berkontribusi pada pengembangan individu yang holistik dan berdaya saing.</p> 2024-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AZKIYA https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1763 PENDIDIKAN ISLAM DALAM ABAD TEKNOLOGI DIGITAL 2024-12-20T11:52:49+00:00 Sofian Efendi [email protected] <p>Teknologi digital sebenarnya sebutan untuk perkembangan dunia ilmu pengetahuan yang dari perkiraan dan tak terprediksikan dimana sudah menjadi pemandangan umum kita menjumpai anak-anak lebih banyak bermain dengan gadget( ponsel pintar, tablet, komputer, hingga konsol game). Tulisan ini menguraikan sejumlah tantangan yang mesti dihadapi oleh pendidikan islam sebagai akibat dari perkembangan kehidupan dunia yang sering disebut globalisasi. Kemajuan teknologi digital merombak tradisi dan budaya dengan segala kekayaannya, mulai model pakaian gaya hidup (<em>life style</em>) hingga budaya pragmatisme, materialisme dan hedonisme bahkan kekerasan pada anak-anak. Budaya mental instan dan serba mencukupkan formalitas merupakan dampaknya yang lain. Strategi yang bisa dilakukan pendidikan Islam adalah proteksi dan sekaligus proyeksi. Proteksi adalah prinsip konservasi nilai, untuk membentengi nilai-nilai luhur dari ancaman nilai dan budaya luar yang cenderung destruktif. Sementara proyeksi adalah prinsip progresivitas yakni strategi yang mengharuskan lembaga pendidikan Islam dan dunia pendidikan pada umumnya untuk meningkatkan kwalitasnya, meletakkan visi-misi yang jelas sesuai hasil pengamatannya terhadap masa depan.</p> 2024-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AZKIYA https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1750 PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI 2024-12-20T15:14:16+00:00 Dea Astuti [email protected] Lusiani Karimah [email protected] Dea Astuti [email protected] Ferry Sopyan [email protected] Munandar Ma'ruf [email protected] Supriyadi Supriyadi [email protected] Akhmad Riadi [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai Islam dalam perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Dengan menggunakan metode studi pustaka kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi nilai-nilai penting yang harus diintegrasikan ke dalam kurikulum PAI, seperti kejujuran, disiplin, toleransi, dan kasih sayang. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana penerapan nilai-nilai islam pada kurikulum, metode pembelajaran yang mendukung penerapan nilai-nilai islam, metode pembelajaran yang efektif dalam peneneman nilai-nilai islam dan apa saja tantangan yang di hadapi dalam penerapan nilai-nilai islam. Fokus utama penelitian adalah untuk menilai tantangan yang dihadapi guru dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Islam yang efektif dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran agama serta membentuk karakter dan moral mereka. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama di sekolah, serta berkontribusi pada pembentukan generasi yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab.</p> 2024-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AZKIYA https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1749 PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH. HASYIM ASY’ARI 2024-12-20T13:20:36+00:00 Sri Rahayu [email protected] Nuraini Nuraini [email protected] Amin Nasrullah [email protected] <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pendidikan Islam di Indonesia telah dibentuk secara mendalam oleh para ulama berpengaruh yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan sistem pendidikan berbasis nilai-nilai Islam. Di antara tokoh-tokoh ini, Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama, menekankan keseimbangan antara ilmu-ilmu agama, pengetahuan umum, dan pengembangan karakter. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis filsafat pendidikannya dalam konteks modernisasi, dengan fokus pada relevansi sistem pendidikan Islam yang holistik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan menganalisis sumber-sumber primer dan sekunder, termasuk karya-karya Asy'ari. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pendekatannya, yang mengutamakan integrasi dimensi moral, spiritual, dan intelektual, tetap sangat relevan dalam menghadapi tantangan globalisasi dan transformasi sosial.</span></span></p> 2024-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AZKIYA