Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Kami mengharap sumbangan artikel Anda berupa hasil refleksi, penelitian, atau kajian analitis terhadap berbagai fenomena Pendidikan Agama Islam yang belum pernah di­publikasikan di media lain, dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Artikel adalah hasil penelitian, hasil pemikiran, dan/atau hasil penelitian lapangan yang mengungkap dan menganalisis Pendidikan Agama Islam.
  2. Artikel adalah asli bukan hasil plagiarisme dan belum pernah dimuat di jurnal/berkala ilmiah lainnya.
  3. Artikel ditulis dengan Bahasa Indonesia antara 10–20 halaman kuarto (A4), 1 spasi, font Times New Roman 12 pt, dengan program MS-Word.
  4. Judul tidak lebih dari 15 Jika artikel merupakan ringkasan tesis, judul artikel tidak boleh sama dengan judul tesis, karena artikel merupakan inti dari tesis.
  5. Nama penulis tidak disertai gelar akademik. Di bawahnya dicantumkan alamat lembaga tempat bekerja atau alamat korespondensi dan e-mail. Jika sedang melanjutkan studi, dapat pula disertakan alamat lembaga studinya. Jika penulis lebih dari satu orang, harus ditulis semuanya (termasuk alamat masing-masing).
  6. Abstrak ditulis dengan Bahasa Inggris (ABSTRACT). Abstrak harus berdiri sendiri, artinya tidak ada kutipan secara abstrak. Anggap saja sebagai iklan artikel Anda. Abstrak harus memberi tahu calon pembaca apa yang Anda lakukan dan menyoroti temuan utamanya. Hindari menggunakan jargon teknis dan singkatan yang tidak umum. Anda harus akurat, singkat, jelas, dan spesifik. Gunakan kata-kata yang mencerminkan makna yang tepat, Abstrak harus tepat dan jujur. Harap ikuti batasan kata (Abstrak harus kurang dari 150 kata).
  7. Keywords/ Kata kunci adalah label naskah Anda dan penting untuk mengoreksi pengindeksan dan penelusuran. Oleh karena itu, kata kunci harus mewakili konten dan sorotan artikel Anda. Kata kunci harus terdiri dari 2 hingga 5 frasa. Gunakan hanya singkatan-singkatan yang sudah mapan di bidangnya. misalnya DNA. Setiap kata / frasa dalam kata kunci harus dipisahkan dengan koma.
  8. Sistematika penulisan ditentukan sebagai berikut.
    1. Bagian PENDAHULUAN Dalam Pendahuluan, Penulis harus menyatakan tujuan karya di akhir bagian pendahuluan. Sebelum tujuan, Penulis harus memberikan latar belakang yang memadai, dan survei literatur yang sangat singkat untuk mencatat solusi/metode yang ada, untuk menunjukkan mana yang terbaik dari penelitian sebelumnya, untuk menunjukkan batasan utama dari penelitian sebelumnya, untuk menunjukkan apa yang Anda harapkan. untuk mencapai (untuk mengatasi keterbatasan), dan untuk menunjukkan prestasi ilmiah atau kebaruan makalah. Hindari survei literatur yang mendetail atau ringkasan hasil.
    2. Bagian METODE Bagian ini menjelaskan alat analisis beserta data dan sumbernya.
    3. Bagian PEMBAHASAN, Pembahasan harus mengeksplorasi pentingnya hasil pekerjaan, bukan mengulanginya. Hindari kutipan ekstensif dan diskusi tentang literatur yang diterbitkan. Dalam diskusi, ini adalah bagian terpenting dari artikel Anda. Di sini Anda mendapat kesempatan untuk menjual data Anda. Buat diskusi sesuai dengan hasilnya, tetapi jangan mengulangi hasilnya. Seringkali harus dimulai dengan ringkasan singkat dari temuan ilmiah utama (bukan hasil eksperimen). Komponen-komponen berikut harus dibahas dalam diskusi: Bagaimana hasil Anda berhubungan dengan pertanyaan awal atau tujuan yang diuraikan di bagian Pendahuluan (apa)? Apakah Anda memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan yang disajikan (mengapa)? Apakah hasil Anda konsisten dengan apa yang dilaporkan penyelidik lain (apa lagi)? Atau apakah ada perbedaan?.
    4. Bagian SIMPULAN Simpulan harus menjawab tujuan penelitian. Menceritakan bagaimana pekerjaan Anda memajukan bidang dari kondisi pengetahuan saat ini. Tanpa Kesimpulan yang jelas, pembaca akan merasa sulit untuk menilai karya tersebut, dan apakah layak dipublikasikan di jurnal atau tidak. Jangan mengulang Abstrak, atau hanya mencantumkan hasil eksperimen. Berikan justifikasi ilmiah yang jelas untuk karya Anda, dan tunjukkan kemungkinan penerapan dan perluasan. Anda juga harus menyarankan eksperimen di masa mendatang dan/atau menunjukkan eksperimen yang sedang berlangsung.

Kepustakaan ditulis dengan DAFTAR PUSTAKA, Bagian ini hanya mencantumkan artikel jurnal, buku, atau jenis publikasi lain yang dirujuk dalam naskah. Referensi harus dicatat dalam catatan kaki dan daftar pustaka menurut Turabian 8th edition (full note, No. ibid) dengan beberapa penyesuaian. Silakan gunakan Aplikasi Manajer Referensi seperti Endnote, Mendeley, Zotero, dll.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.