PENDIDIKAN ISLAM DALAM ABAD TEKNOLOGI DIGITAL

Authors

  • Sofian Efendi Fakultas Agama Islam - Universitas Kutai Kartanegara

Keywords:

Absurditas, Konservasi Nilai, Proteksi, Proyeksi

Abstract

Teknologi digital sebenarnya sebutan untuk perkembangan dunia ilmu pengetahuan yang dari perkiraan dan tak terprediksikan dimana sudah menjadi pemandangan umum kita menjumpai anak-anak lebih banyak bermain dengan gadget( ponsel pintar, tablet, komputer, hingga konsol game). Tulisan ini menguraikan sejumlah tantangan yang mesti dihadapi oleh pendidikan islam sebagai akibat dari perkembangan kehidupan dunia yang sering disebut globalisasi. Kemajuan teknologi digital merombak tradisi dan budaya dengan segala kekayaannya, mulai model pakaian gaya hidup (life style) hingga budaya pragmatisme, materialisme dan hedonisme bahkan kekerasan pada anak-anak. Budaya mental instan dan serba mencukupkan formalitas merupakan dampaknya yang lain. Strategi yang bisa dilakukan pendidikan Islam adalah proteksi dan sekaligus proyeksi. Proteksi adalah prinsip konservasi nilai, untuk membentengi nilai-nilai luhur dari ancaman nilai dan budaya luar yang cenderung destruktif. Sementara proyeksi adalah prinsip progresivitas yakni strategi yang mengharuskan lembaga pendidikan Islam dan dunia pendidikan pada umumnya untuk meningkatkan kwalitasnya, meletakkan visi-misi yang jelas sesuai hasil pengamatannya terhadap masa depan.

Author Biography

Sofian Efendi, Fakultas Agama Islam - Universitas Kutai Kartanegara

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

References

Cox, Harvey. The Secular City: Secularization and Urbanization in Theological Perspective. New York: The Macmillan Company, 1967.

Hardiman, Bidi. Melampaui Positivisme Dan Modernitas. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2003.

Kant, Immanuel. Prolegomena to Any Future Metaphisics. Edited by The Carus Paul. Cambridge: Hacket Publishing Company, 1977.

Lyotard. The Postmodern Condotion, A Report and Knowledge. Manchester: Manchester University Press, 1984.

Mahzar, Armahedi. Merumuskan Paradigma Sains Dan Teknologi Islami, Revolusi Integralisme Islam. Bandung: Mizan Pustaka, 2004.

Muslih, Muhammad. Filsafat Ilmu, Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma, Dan Kerangka Dasar Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Belukar Budaya, 2003.

Ratna, Nyoman Kutha. Estetika, Sastra Dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Muhammadiyah, 1960.

Published

2024-12-20