PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Dea Astuti Universitas Kutai Kartanegara
  • Lusiani Karimah Universitas Kutai Kartanegara
  • Dea Astuti Universitas Kutai Kartanegara
  • Ferry Sopyan Universitas Kutai Kartanegara
  • Munandar Ma'ruf Universitas Kutai Kartanegara
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Kutai Kartanegara
  • Akhmad Riadi Universitas Kutai Kartanegara

Keywords:

Implementation, Islamic Values, Character

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai Islam dalam perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Dengan menggunakan metode studi pustaka kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi nilai-nilai penting yang harus diintegrasikan ke dalam kurikulum PAI, seperti kejujuran, disiplin, toleransi, dan kasih sayang. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana penerapan nilai-nilai islam pada kurikulum, metode pembelajaran yang mendukung penerapan nilai-nilai islam, metode pembelajaran yang efektif dalam peneneman nilai-nilai islam dan apa saja tantangan yang di hadapi dalam penerapan nilai-nilai islam. Fokus utama penelitian adalah untuk menilai tantangan yang dihadapi guru dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Islam yang efektif dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran agama serta membentuk karakter dan moral mereka. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama di sekolah, serta berkontribusi pada pembentukan generasi yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab.

References

Abbas, Ngatmin, and Mulyanto Abdullah Khoir. “Implementasi Metode Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP

Negeri 2 Gemolong.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2023):

–487.

Arifin, Syamsul, Moh Anas Kholis, and Nada Oktavia. “Agama Dan Perubahan

Sosial Di Basis Multikulturalisme: Sebuah Upaya Menyemai Teologi

Pedagogi Damai Di Tengah Keragaman Agama Dan Budaya Di Kabupaten

Malang.” NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan 8, no. 2 (2022): 147–183.

Artikel, Kumpulan, and Ilmiah Pendidikan. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman

Dalam Pendidikan Karakter Di Era Digital” 1 (2023): 12–16.

Bararah, Isnawardatul. “Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Dalam

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Jurnal MUDARRISUNA 7, no. 1 (2017): 131–147.

Dr. Farida Jaya, M. Pd. “Buku Perencanaan Pembelajaran-Full.Pdf.” 2019, 2019.

Gunawan, Ari, Ahmad Ali Riyadi, and Abdul Halim Musthofa. “Kompetensi

Guru Mata Pelajaran Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan

Peserta Didik Di Mtsn 1 Kota Kediri.” Jurnal Ilmu Multidisplin 1, no. 4 (2023): 788–798.

Hardiyanti, Fitria, Medeawati, Siti Komariah, Ela Nadia, Sari, and Ami Latifah.

“Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sd It Permata Hati Palembang.” Unisan Jurnal 02, no. 08 (2023): 110–122.

Hasifah. “Strategi Dan Tantangan Dalam Peningkatan Pendidikan Agama Islam

Di Secara Menarik Dan Interaktif Agar Dapat Membangkitkan Minat Dan Partisipasi Aktif” 3 (2023).

Helandri, Joni, and Supriadi Supriadi. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan

Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 7, no. 1 (2024): 93–116.

Heri, Deden, and Uus Ruswandi. “S Konsep Integrasi Nilai-Nilai Keislaman

Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan.” Jurnal Dirosah Islamiyah 4, no. 2 (2022): 255–267.

Irmawati. “Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Kurikulum PAI.” Al Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora 4, no. 2 (2024): 1743–1757.

Jurnal, Risalah, Studi Islam, Muhammad Fatchur Rochim, and Moch Tolchah.

“Ruang Lingkup Materi Pendidikan Agama Islam Dalam Al -Quran” 10, no. 3 (2024): 1228–1241.

Kelas, Tauhid, and X-a S M A Darul. “Hal. 6” 1, no. 1 (2024): 6–18.

Kumalayanti. “Tingkat Perkembangan Dan Permasalahan Dalam Ruang

Lingkup Guru Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.”

INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3, no. 1 (2023):

–358.

Maha, Syah Rina. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan

Tanya Jawab Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Kelas X MAN Dairi.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 2 (2023): 378–383.

Muhammad. “Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam.” Kajian Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2021): 55–65.

Nisa, Faiqotun, Muhammad Firdaus, and Universitas Al-amien Prenduan.

“Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Membantu Pemahaman Kitab Sullamut Taufiq Santriwati Mukim Di Pondok Pesantren Putri 1 Al-Amien

Prenduan Sumenep Madura,” no. 4 (2024).

Salisah, Siti Khopipatu, Astuti Darmiyanti, and Yadi Fahmi Arifudin. “Peran

Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era

Digital: Tinjauan Literatur.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2024): 36–

Setiawan, Slamet Awan. “Tantangan Guru Pai Mengimplementasikan

Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.”

Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (2024): 49–64.

Shofiyyah, Nilna Azizatus, Tedy Sutandy Komarudin, and Miftahul Ulum.

“Integrasi Nilai-Nilai Islami Dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan:

Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Berdaya Saing.” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 2 (2023): 66–77.

Sitika, Achmad Junaedi, Mifa Rezkia Zanianti, Mita Nofiarti Putri, Muhamad

Raihan, and Hurul Aini. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama

Islam Sebagai Upaya Memperkuat Nilai-Nilai Keagamaan” 06, no. 01 (2023): 5899–5909.

Susanna, Susanna, Jarjani Usman, and Sri Suyanta. “Guru Di Persimpangan

Kurikulum Baru: Dilema Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Keislaman.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4, no. 2 (2023): 356– 369.

Syakirin, and Purniadi Putra. “Konsep Teori Program Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 1, no. 1 (2022): 18–23.

Tauhid, Karimah, Pina Nurhida, and Universitas Djuanda. “Perencanaan

Pembelajaran : Konsep , Tujuan , Dan Karakteristik” 3 (2024): 6397–6402.

Wardhani, Nia. “Metode Targhib Dan Tarhib Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences 4, no. 2 (2024): 87.

Widiastuti, N. “Metode Pembelajaran Dalam Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman.” Al Fatih 1 (2021): 1–8.

Yunus, Muhammad. “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI

BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( STUDI PADA SMP NEGERI 1 AMPARITA KEC . TELLU

LIMPOEKAB .” (n.d.).

Zubairi, Zubairi, Asep Muljawan, and Nur Illahi. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam

Dalam Asma’ul Husna (Al-Rahman, Al-Rahiim, Al-Lathiif, Al-Haliim, AlSyakuur).” TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 1 (2022): 59–67.

Dr. Rusydi Ananda, M.Pd, n.d.

Published

2024-12-20