PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH. HASYIM ASY’ARI

Authors

  • Sri Rahayu Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Nuraini Nuraini Universitas Kutai Kartanegara
  • Amin Nasrullah Universitas Kutai Kartanegara

Keywords:

Pemikiran Pendidikan Islam, Pendidikan Holistik, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia telah dibentuk secara mendalam oleh para ulama berpengaruh yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan sistem pendidikan berbasis nilai-nilai Islam. Di antara tokoh-tokoh ini, Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama, menekankan keseimbangan antara ilmu-ilmu agama, pengetahuan umum, dan pengembangan karakter. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis filsafat pendidikannya dalam konteks modernisasi, dengan fokus pada relevansi sistem pendidikan Islam yang holistik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan menganalisis sumber-sumber primer dan sekunder, termasuk karya-karya Asy'ari. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pendekatannya, yang mengutamakan integrasi dimensi moral, spiritual, dan intelektual, tetap sangat relevan dalam menghadapi tantangan globalisasi dan transformasi sosial.

References

Amirudin, Muhammad Faiz. “Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari.” DIRASAH: Jurnal Study Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2018): 15.

Aris, Aris, and Syukron Syukron. “Perbandingan Metode Bandongan Dan Sorogan Dalam Memahami Kitab Safinatunnajah.” Tsaqafatuna 2, no. 1 (2020): 1–10.

Bagaskara, Roy. “REORIENTASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. M. HASYIM ASY‘ARI: Etika Dalam Pendidikan Islam.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 6, no. 2 (2019): 153–168.

Chotimah, Umi., Kurnisar., Ermanovida., Juainah Norma. “Membangun Karakter Religius, Jujur, Disiplin Dan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Secara Daring Berbasis Hots.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan xx, no. xx (2021): 10.

Dewi, Rokayah Sarmila; Oyoh Bariah; M. Makbul. “Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari.” JIPP:Jurnal Ilmu Penidikan dan Pembelajaran 6, no. 3 (2024): 299–307.

Fadli, Muhammad Rijal, and Ajat Sudrajat. “Keislaman Dan Kebangsaan: Telaah Pemikiran Kh. Hasyim Asy’Ari.” Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora 18, no. 1 (2020): 109.

Faisal, Munir, Afriantoni, Mardiah Astuti. “Pemikiran Pendidikan Pesantren K.H. Hasyim Asy’ari Dan Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” INTIZAR 27, no. 1 (2021): 45–56. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/8730/4091.

Hadi, Abdul. K.H. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: DIVA Press ( Anggota IKAPI), 2018. https://www.google.co.id/books/edition/K_H_Hasyim_Asy_ari/4sm7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Abdul+Hadi,+K.H.+Hasyim+Asy’ari+(Yogyakarta:+DIVA+Press+(+Anggota+IKAPI),+2018)&pg=PA4&printsec=frontcover.

Hidayah, Hikmatul Hidayah. “Pengertian , Sumber, Dan Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal As-Said 3, no. 1 (2023): 21–33. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/141.

Hidayah, Yuli Lailatul, and Haris Supratno. “Peran Kh. M. Hasyim Asy’Ari Dalam Tranformasi Pendidikan Di Pesantren Tebuireng Jombang.” Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora 10, no. 1 (2024): 38–60.

Jumrah, Abrina Maulidnawati, and Syarifuddin Ondeng. “Relevansi Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Dan Kh. Hasyim Asy’Ari Dan Pengaruhnya Dalam Bidang Pendidikan Islam.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 9–23.

Martono, Martono. “Pemikiran Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy’ari (Perspektif Epistimologi Sosial Keagamaan Dan Konsep Pendidikan Islam Bagi Guru Dan Peserta Didik).” AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2020): 40–45.

Musya’adah, Umi. “Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” AULADA: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak I, no. 2 (2018): 2656–1638. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada.

Nasucha, Juli Amaliya, Abdan Syakuuroo Sukiran, Khosiyah Rahmah, Ayu Ismaya Sari, and Moh Ismail. “Pendidikan Akhlak Perspektif KH. Hasyim Asy’Ari Dan Relevansi Dalam Pendidikan Agama Islam.” Tadris: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam 16, no. 1 (2022): 15–31.

Ni’mah, Zetty Azizatun. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN (1869-1923 M) DAN KH. HASYIM ASY’ARI 1871-1947) M): Study Komparatif Dalam Konsep Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Didaktika Religia 2, no. 1 (2014): 135–174.

Pramita, Nadya Wahyu, Arbaiyah Yusuf M A, Muhammad Ilhamsyah, Fauzan Akbar, and Muhammad Farid Ubaidillah. “Relevansi Konsep Pendidikan Hasyim Asy ’ Ari Dengan Kehidupan Konteks Modern.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4, no. 3 (2024): 5058–5072.

Putra, Afriadi. “Pemikiran Hadis KH.Hasyim Asy’ari Dan Kontribusinya Terhadap Perkembangan Hadis Di Indonesia.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 1 (2016): 46–55.

Rahmatullah, Rahmatullah, and Ahmad Fahrul Misbah. “Pendidik Dan Peserta Didik Perspektif Kh. Hasyim Asy’Ari.” journal TA’LIMUNA 12, no. 1 (2023): 78–88.

Satira, Ulfa, Badarasussyamsi Badarasussyamsi, and Syamsul Huda. “Optimalisasi Pengajaran Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca Kitab Kuning.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 2, no. 2 (2024): 323–336.

Ulum, Mokhamad Miptakhul. “Metode Membaca Kitab Kuning Antara Santri Dan Mahasiswa.” Islamic Review : Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 7, no. 2 (2018): 120–136.

Wahyuni, Sri, and Abdul Kholiq. “Pendidikan Yang Berorientasi Pada Perkembangan Siswa.” Journal of Islamic Education Management 3, no. 2 (2023): 16–23.

Wibowo, Rahamad Ari. “KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH . HASYIM ASY ’ ARI DAN SYAIKH AHMAD KHATIB AL-SAMBASI Rahamad Ari Wibowo Diterima : Revisi : Disetujui : Abstrak A . Pendahuluan Pendidikan Di Era Modernisasi Saat Ini . Maksud Spiritualitas Dalam Hal Gurunya . Seiring.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 02, no. 1 (2018): 105–123.

Yuniari, Shindy, Yuliharti, Yanti. “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut K.H. Hasyim Asy’ari.” Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 20, no. 1 (2020): 53–64.

Published

2024-12-20