Kurikulum 2013 dan Relevansi Pembelajaran HOTS di Sekolah; (Tinjauan Teoritis Pendidikan Terhadap Pembelajaran Abad XXI)
DOI:
https://doi.org/10.53640/azkiya.v2i2.913Kata Kunci:
Pendidikan Abad XXI, Kurikulum 2013, Pembelajaran HOTSAbstrak
Pendidikan Abad XXI mengalami perubahan paradigma karena dipengaruhi oleh respon dunia pendidikan terhadap Revolusi Industri 4.0. Di sisi lain, Revolusi Industri 4.0 turut mendorong lahirnya era Educational 4.0 yang dipersepsikan banyak pihak sebagai era pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran, atau dikenal dengan cyber system) yang mampu membuat proses pembelajaran secara terus menerus tanpa batas ruang dan waktu. Kebijakan pemerintah Indonesia untuk menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) dalam pembelajaran merupakan jawaban atas berbagai harapan berbagai keterampilan yang harus dimiliki peserta didik di abad XXI. Pembelajaran diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) yang merupakan kemampuan nyata untuk menuju pembelajaran K-13. Tujuan ini tentunya hanya dapat terwujud jika pembelajaran dilakukan di sekolah dengan menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skills/HOTS) yang diartikan sebagai penggunaan pikiran yang lebih luas untuk menemukan tantangan baru.
Referensi
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Pelajar, 2010
Badan Standar Nasional Pendidikan. Laporan BSNP Tahun 2010. BSNP, 2010
Basuki, I., & Hariyanto. Asesmen Pembelajaran. Remaja Rosdakarya Offset, 2016
Binus University. Perbedaan Generasi X,Y, dan Z. Binus University. http://parent.binus.ac.id/2018/11/perbedaan-generasi-xy-dan-z/, 2018
Danim, S. Menjadi Peneliti Kualitatif: Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora. Pustaka Setia, 2002
Darmawan, J. Menjadi Guru Era Pendidikan 4.0. Serambinews.com. https://aceh.tribunnews.com/2018/11/27/menjadi-guru-era-pendidikan-40, 2019
Hamalik, O. Manajemen Pengembangan Kurikulum. PT. Remaja Rosdakarya, 2010
Heong, dkk., Y. M. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and Humanity, Vol. 1(No. 2), 121–125, 2011
Hussin, A. A. Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. IJELS: International Journal of Education and Literacy Studies, Vol. 6. www.ijels.aiac.org.au, 2018
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Pub. L. No. Nomor 20 Tahun 2016, 2016
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2018
Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. PT. Rajagrafindo Persada.
Kuswana, W. S. Taksonomi Berpikir. Remaja Rosdakarya, 2013
Moeljadi, dkk., D. KBBI V (Versi 0.2.1 Beta (21)) [Computer software]. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016
Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Cet. 13). Remaja Rosdakarya, 2001
Muhadjir, N. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi IV (Cet. 1). Rake Sarasin, 2000
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. PT Remaja Rosdakarya, 2003
Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Sebuah Panduan Praktis (Mukhlis, Ed.). Remaja Rosdakarya, 2007
Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya, 2013
Muzamiroh, M. L. Kupas Tuntas Kurikulum 2013: Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013. Kata Pena, 2013
Poerwati, L. E., & Amri, S. (). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka, 2013
Puncreobutr, V. Education 4.0: New Challenge of Learning. St. Theresa Journal of Humanities and Social Sciences, Vol. 2, 2016
Rusyana, A. Keterampilan Berpikir: Pedoman Praktis Para Peneliti Keterampilan Berpikir. Penerbit Ombak, 2014
Sagala, S. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta, 2011
Sanjaya, W. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT. Kencana, 2006
Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group, 2008
Schwab, K. The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum, 2016
Sugianto, T. Mengenal Konsep 4C dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Toz Sugianto. www.tozsugianto.com/2018/04/mengenal-konsep-4c-dalam-pembelajaran-kurikulum-2013.html, 2018
Suyono, & Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep. Remaja Rosdakarya Offset, 2014
Syamsuri, A. S., & Ishaq. Guru, Generasi Z, dan Pembelajaran Abad 21. Universitas Muhammadiyah Makassar. http://www.unismuh.ac.id/artikel/2018/05/26/guru-generasi-z-dan-pembelajaran-abad-21/, 2018
Widyastono, H. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah: Dari Kurikulum 2004, 2006 ke Kurikulum 2013. Penerbit Bumi Aksara, 2014
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 AZKIYA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.