Menjadi Guru Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0

Penulis

  • Akhmad Riadi Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.53640/azkiya.v2i2.910

Kata Kunci:

Teacher, Islamic Religious Education, Era 4.0

Abstrak

Dalam dunia pendidikan Indonesia, globalisasi telah membawa dampak perubahan cara mengajar guru yang semula berbasis kertas menjadi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Fungsi TIK bagi guru antara lain, pertama, TIK dapat digunakan untuk membantu pekerjaan administrasi (Word processor & Basic Requirement, Spreadsheet). Kedua, TIK dapat digunakan untuk membantu mengemas bahan ajar (Multimedia). Ketiga, TIK dapat digunakan untuk membantu proses manajemen pembelajaran. Keempat, TIK dapat digunakan untuk dukungan teknis dan menambah pengetahuan dalam rangka mewujudkan self-running creation (antivirus, tools, network, internet, dan lain-lain). Beberapa jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK yang dapat digunakan oleh guru di sekolah dasar antara lain komputer atau laptop, LCD (Liquid Crystal Display), Smart Television, jaringan internet, E-mail (surat elektronik), presentasi Power Point, pembelajaran CD. , dan ponsel pintar. Untuk meningkatkan kemampuan memanfaatkan TIK, guru perlu terus melatih dan membiasakan pembelajaran berbasis TIK sesering mungkin, selain itu guru perlu mengikuti pelatihan untuk menambah pengetahuan mereka di bidang TIK ini.

Biografi Penulis

Akhmad Riadi, Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara

Referensi

Ariesto Hadi Sutopo. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008

Edy Wihardjoi. Pembelajaran Berbantuan Komputer. Jember: Universitas Jember, 2007

Fauziah. Perencanaan sistem Informasi Akuntansi Simpan Pinjam pada Koperasi Pasar Induk Kramat Jati Jakarta. Jakarta: Jurnal Sistem Informasi stimik Antar Bangsa, ISSN:2089-8711, Volume IV Nomor 2, Halaman 247-255, Agustus 2015.

Handriyantini, Eva. Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informasi & Komputer Indonesia, 2009

Idris, Husni. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Komputer, Karya Tulis Ilmiah, Fakultas Tarbiyah STAIN Manado, 2008

Idrus, Ali. Manajemen Pendidikan Global, Jakarta: GP Press, 2009

Jamal Ma’mur Asmani. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press, 2011

Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama, 2010

Marno dan Idris. Strategi & Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2008

Mugara, R. Meningkatkan kompetensi guru melalui penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Universitas Pendidikan Indonesia: Prodi Pengembangan Kurikulum, 2011

Mulyasa. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010

Munir. Kurikulum Berbasis TIK. Bandung: Alphabeta, 2008

Prasojo Diat Lantip, Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2011

Sidik, Betha. Mysql Untuk Pengguna, Administrator, dan Pengembangan Web. Bandung: Informatika, 2005

Wardiana, Wawan. Perkembangan teknologi informasi di indonesia, (makalah Seminar dan Pameran Teknologi Informasi FT Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), 2002

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya. Jakarta: Rineka, 2008

Wijayanti, Inggit Dyaning. Peningkatan Pendidikan Berbasis ICT. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2011

Yusuf hadi Miarso. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2004

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-08-25