Menjadi Guru Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.53640/azkiya.v2i2.910Kata Kunci:
Teacher, Islamic Religious Education, Era 4.0Abstrak
Dalam dunia pendidikan Indonesia, globalisasi telah membawa dampak perubahan cara mengajar guru yang semula berbasis kertas menjadi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Fungsi TIK bagi guru antara lain, pertama, TIK dapat digunakan untuk membantu pekerjaan administrasi (Word processor & Basic Requirement, Spreadsheet). Kedua, TIK dapat digunakan untuk membantu mengemas bahan ajar (Multimedia). Ketiga, TIK dapat digunakan untuk membantu proses manajemen pembelajaran. Keempat, TIK dapat digunakan untuk dukungan teknis dan menambah pengetahuan dalam rangka mewujudkan self-running creation (antivirus, tools, network, internet, dan lain-lain). Beberapa jenis sumber dan media pembelajaran berbasis TIK yang dapat digunakan oleh guru di sekolah dasar antara lain komputer atau laptop, LCD (Liquid Crystal Display), Smart Television, jaringan internet, E-mail (surat elektronik), presentasi Power Point, pembelajaran CD. , dan ponsel pintar. Untuk meningkatkan kemampuan memanfaatkan TIK, guru perlu terus melatih dan membiasakan pembelajaran berbasis TIK sesering mungkin, selain itu guru perlu mengikuti pelatihan untuk menambah pengetahuan mereka di bidang TIK ini.
Referensi
Ariesto Hadi Sutopo. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008
Edy Wihardjoi. Pembelajaran Berbantuan Komputer. Jember: Universitas Jember, 2007
Fauziah. Perencanaan sistem Informasi Akuntansi Simpan Pinjam pada Koperasi Pasar Induk Kramat Jati Jakarta. Jakarta: Jurnal Sistem Informasi stimik Antar Bangsa, ISSN:2089-8711, Volume IV Nomor 2, Halaman 247-255, Agustus 2015.
Handriyantini, Eva. Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informasi & Komputer Indonesia, 2009
Idris, Husni. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Komputer, Karya Tulis Ilmiah, Fakultas Tarbiyah STAIN Manado, 2008
Idrus, Ali. Manajemen Pendidikan Global, Jakarta: GP Press, 2009
Jamal Ma’mur Asmani. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press, 2011
Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama, 2010
Marno dan Idris. Strategi & Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2008
Mugara, R. Meningkatkan kompetensi guru melalui penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Universitas Pendidikan Indonesia: Prodi Pengembangan Kurikulum, 2011
Mulyasa. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010
Munir. Kurikulum Berbasis TIK. Bandung: Alphabeta, 2008
Prasojo Diat Lantip, Riyanto. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2011
Sidik, Betha. Mysql Untuk Pengguna, Administrator, dan Pengembangan Web. Bandung: Informatika, 2005
Wardiana, Wawan. Perkembangan teknologi informasi di indonesia, (makalah Seminar dan Pameran Teknologi Informasi FT Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), 2002
Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya. Jakarta: Rineka, 2008
Wijayanti, Inggit Dyaning. Peningkatan Pendidikan Berbasis ICT. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2011
Yusuf hadi Miarso. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2004
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 AZKIYA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.