EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL
Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Teknologi, Era digitalAbstrak
Saat ini, memasukkan teknologi ke dalam pendidikan, termasuk PAI, telah menjadi keniscayaan. Penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan anak-anak (PAI) di era digital. Melalui tinjauan literatur dan studi kasus, penelitian ini mengidentifikasi tantangan dan peluang yang muncul dengan penerapan PAI ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi telah meningkatkan akses siswa ke sumber belajar dan meningkatkan motivasi mereka untuk belajar. Namun, tantangan seperti ketimpangan digital, kurangnya kemampuan guru untuk menggunakan teknologi, dan kurangnya infrastruktur yang memadai masih perlu diatasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model pembelajaran berbasis teknologi yang efektif untuk pendidikan agama Islam. Model ini menggabungkan [komponen-komponen model, seperti pembelajaran tatap muka, pembelajaran e-learning, dan pembelajaran berbasis proyek]. Dengan menggunakan [metode penelitian], penelitian ini menguji kelayakan dan efektivitas model tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa [misalnya: model yang dibuat dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep agama]. Studi ini membantu mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan persyaratan pendidikan agama Islam di era digital.
Referensi
Arif, Muh, Mohammad Saro, Opan Arifudin, Iain Sultan Amai Gorontalo, and Stai Taswirul Afkar Surabaya. “Challenges and Opportunities in Islamic Learning Innovation in the Digital Era.” Global Education Journal 2, no. 1 (2024): 78–80. https://journal.civiliza.org/index.php/gej.
Ariza, Nurul. “Penggunaan Teknologi Dalam Pengembangan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ” PENDAHULUAN Inovasi Teknologi Yang Berkembang Pesat Dapat Memberikan Dampak Secara Tidak Langsung Pada Setiap Aspek Kehidupan Manusia , Seperti Politik , Ekonomi , Buday” 9, no. 1 (2024): 25–44.
Bainar. “Peluang Dan Tantangan Digitalisasi Bagi Pendidikan Agama Islam.” Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 2, no. 2 (2024): 74–80. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/1092.
Budiyono, Slamet, and Haerullah Haerullah. “Dampak Teknologi Terhadap Pembelajaran Di Abad 21.” Tsaqofah 4, no. 3 (2024): 1790–1800.
Fuad, Ah. Zakki. “Tantangan Dan Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” Thesis, no. September (2023): 1–17.
Haryanto, Sri, Rani Zahra, Indah Merakati, Said Nuwrun Thasimmim, and Teguh Arifianto. “Pembelajaran Berbasis Game: Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Menarik Dengan Teknologi.” Communnity Development Journal 5, no. 1 (2024): 868–883.
Inanna, Rahmatullah, and Muhammad Hasan. EVALUASI PEMBELAJARAN: Teori Dan Praktek, 2021.
Kaniawati, Elsa, Meisya Edlina Mardani Mardani, Shania Nada Lestari, Ulan Nurmilah, and Usep Setiawan. “Evaluasi Media Pembelajaran.” Journal of Student Research (JSR) 1, no. 2 (2023): 18–32.
L, Idrus. “EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1.” Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran 9, no. 2 (2019): 344.
Shabriya, Annida Jihada, Ririn Nur Aidah, and Moh Faizin. “Konstruksi Berpikir Logis Dan Kritis Perspektif Sesat Pikir Atau Fallacy Dalam Pembelajaran PAI Abad 21” 10, no. 3 (2024): 1027–1038.
Wahyuni, Hilda, Ahmad Barizi, Akhmad Nurul Kawakip, Wilda Al Aluf, and Iqbal Ardiansyah. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Di Era Digitalisasi Dalam Sudut Pandang Filsafat Pendidikan Islam.” Raudhah Jurnal Tarbiyah Islamiyah 9, no. April (2024): 206–217.
“Hal. 27” 1, no. 1 (2024): 27–36.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AZKIYA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.