SIFAT-SIFAT KURIKULUM PAI DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAI

Penulis

  • Habib Zainuri Universitas Kutai Kartanegara
  • Farhan Aspriady Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Nurasikin Nurasikin Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

DOI:

https://doi.org/10.53640/azkiya.v7i1.1685

Kata Kunci:

Kurikulum PAI, Karakteristik Kurikulum, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki karakteristik khusus yang mempengaruhi pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam konteksnya. Sifat-sifat tersebut meliputi universalitas, relevansi dengan kehidupan, integrasi, kontekstualitas, dan keterbukaan. Pendekatan pembelajaran PAI mencakup berbagai metode, termasuk pembelajaran kooperatif, pembelajaran kontekstual, dan pendekatan ilmiah. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendalam, inklusif, serta memungkinkan siswa untuk memahami nilai-nilai Islam secara holistik, dan menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami karakteristik kurikulum PAI dan pendekatan pembelajaran yang tepat, guru PAI dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Pendekatan pembelajaran PAI mengadopsi strategi konstruktivis, kontekstual, dan aktif, dengan melibatkan siswa secara interaktif dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini tidak hanya menekankan pengajaran konsep-konsep agama, tetapi juga mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran berbasis masalah dan integratif. Evaluasi formatif digunakan untuk memberikan umpan balik terus-menerus kepada siswa, sementara integrasi mata pelajaran lain memperkuat keterkaitan antar bidang studi. Secara keseluruhan, sifat-sifat kurikulum PAI dan pendekatan pembelajaran PAI bersama-sama membentuk landasan yang komprehensif untuk perkembangan spiritual, moral, dan sosial siswa dalam konteks pendidikan Islam

Referensi

Abduh, Muhammad, Krista Emilia, Ririn Nur Primaningrum, and Difa Ul Husna. “Karakteristik Dan Model Pembelajaran Pai Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) DI SLB/A Yaketunis.” IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2024): 297–306.

Abdurrahmansyah, M Ag. Kajian Teoritik Dan Implementatif Pengembangan Kurikulum. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers, 2023.

Anwar, M Saeful, Ahmad Apidin, and Edi Supardi. “Implementasi Pembinaan Akidah Dalam Membentuk Fikrah Islamiyah Peserta Didik Melalui Kegiatan Studia Islamika Pada Ekstrakurikuler Rohis Di Sma Negeri 2 Cianjur.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 001 (2023).

Chanifudin, Chanifudin, Tuti Nuriyati, and Nasrun Harahap. “Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Islam (Analisis Pengembangan Dan Materi Pendidikan Islam).” Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan 16, no. 1 (2020): 71–85.

Daus, Amir, and M Pd. Pendidikan Agama Islam (Buku Ajar PTAI & Umum). PT. Indragiri Dot Com, 2022.

Dewi, Ajeng Rahayu Tresna, Mira Mayasarokh, and Eva Gustiana. “Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 4, no. 01 (2020): 181–190.

Gumanti, Redmon Windu. “Inovasi Pendidikan Dalam Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013.” Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 1, no. 4 (2020): 264–279.

Hotimah, Husnul. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal edukasi 7, no. 2 (2020): 5–11.

Madekhan, Madekhan. “Reformulasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Suatu Keharusan Di Era Digital.” Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 14, no. 2 (2023): 17–30.

Magdalena, Ina, Wasila Cakradinata, and Ken Rinjani Altri Qorina. “Desain Pembelajaran Bahan AjarSD.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 3, no. 5 (2024): 51–60.

Muzakki, Muzakki, Sukino Sukino, and Wahab Wahab. “Strategi Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam (2023): 436–445.

Sigalingging, Ropin. Guru Penggerak Dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka. TATA AKBAR, 2022.

Susanti, Wilda, S Kom, and M Kom. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Dan Mandiri Pada Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Samudra Biru, 2021.

Tahrim, Tasdin, Robertus Adi Sarjono Owon, Yohana Febriana Tabun, Syaiful Bahri, Nailiya Nikmah, Sri Sukasih, Rahma Ashari Hamzah, Santhi Pertiwi, Miftakhur Rizki, and Laeli Qadrianti. Pengembangan Model Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Tambak, Syahraini. “Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI.” Graha Ilmu, 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30