METODE PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL-QUR’AN DAN HADIS

Penulis

  • Mukmin Mukmin Fakultas Agama Islam Unikarta

DOI:

https://doi.org/10.53640/azkiya.v7i1.1431

Kata Kunci:

Metode, Pendidikan Islam, Al-Qur'an, Hadis

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang sangat kompleks, seseorang pendidik harus menggunakan metode atau cara yang tepat dalam melakukan proses pembelajaran. Didalam Al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad Saw. banyak dijumpai ayat dan hadis yang berhubungan dengan pendidikan Islam, termasuk diantaranya tentang metode pendidikan Islam. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode pendidikan Islam yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an, Hadis dan buku-buku ilmiah yang membahas tentang metode pendidikan Islam. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis), yaitu menganalisis semua data yang telah didapatkan sehingga nantinya akan mendapatkan data yang akurat untuk ditulis dan dapat dikombinasikan sesuai dengan materi data yang dibutuhkan. Hasil kajian ini dapat disimpulkan metode Pendidikan Islam yang terdapat didalam Al-Qur’an dan Hadis adalah 1) Metode ceramah (penyajian), 2) Metode targhib dan tarhib (Reward and Punisment), 3) Metode mau’idzah (nasehat), 4) Metode amtsal (perumpamaan), 5) Metode diskusi, 6) Metode qishah (bercerita), 7) Metode i’adah (pengulangan), 8) Metode hiwar (tanya jawab), dan, 9) Metode keteladanan.

Biografi Penulis

Mukmin Mukmin, Fakultas Agama Islam Unikarta

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

Referensi

Abdurrahman An-Nahlawi. Pendidikan Islam Di Rumah Sekolah Dan Masyarakat Cet Ke-1. jakarta: Gema Insani, 1993.

Abuddin Nata. Filsafat Pendidikan Islam. jakarta: Gaya Media Pratama, 2006.

Abudin Nata. Manajemen Pendidikan; Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. jakarta: Prenada Media, 2003.

Agus Nur Qowim. “Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Quran.” IQ: JURNAL Pendidikan Islam 3, no. 1 (2020): 35–58.

Ahmad Musthafa Al-Maraghi. Tafsir Al-Maraghi, Jilid 10. Beirut: Dar Al-Fikr, 2006.

Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

———. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Armai Arief. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. jakarta: Ciputat Press, 2002.

Djunaidi, Hamzah. “Konsep Pendidikan Dalam Alquran; Sebuah Kajian Tematik.” Jurnal Lentera Pendidikan UIN Allaudin Makasar 17, no. 1 (2014).

Faridillah Fahmi Nurfurqon. “Peran Pendidikan Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Kebudayaan Di Indonesia.” Journal of Elementary Education 03, no. 04 (2020): 118–131.

Helmiannoor. “KONSEP METODE PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 1, no. 4 (2022).

Hidayat, Andi. “Metode Pendidikan Islam Untuk Generasi Millennial.” Fenomena 10, no. 1 (2018): 55–76.

Isma’il Ibn Katsir. Tafsir Al-Qur’an Al-’Azim, Juz 2 Terj. Bahrun Abu Bakar , Dkk. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2003.

M. Alifus Sabri. Pengantar Ilmu Pendidikan. jakarta: UIN Jakarta Press, 2005.

M. Arifin. Ilmu Pendidikan Islam : Tinjauan Teoretis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

M. Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan. Studi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Cet. 1, 2012.

M. Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Mahmud. Pemikiran Pendidikan Islam, Cet I. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Mumtazul Fikri. “‘Konsep Pendidikan Islam’, Pendekatan Metode Pengajaran.” Jurnal Ilmiah Islam Futura XI, no. 1 (2017).

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam VIII. jakarta: Kalam Mulia, 2011.

Ridjaludin FadjarDan, Noegraha. Metodologi Pembelajaran Kurikulum 2013 Agama Islam,. jakarta: FAI UHAMKA, 2014.

Samsul Bahri. Filsafat Pendidikan Islam. Indramayu: CV. Adanu Abimata ADAB, 2020.

Sayyid Qutub. Fi Zilal Al-Qur’an, Jilid 9. Terj. As’ad Yasin Dkk. jakarta: Gema Insani, 2004.

Suyudi. Pendidikan Dalam Perspektif Al-Quran: Al-Quran, Integrasi, Epistimologi Bayani, Burhani, Dan Irfani. Yogyakarta: Mikhraj, 2005.

Syaiful bahri Djamarah. Strategi Belajar Mengajar. jakarta: Rineka Cipta, 2002.

WARDI, MOH. “Metode Pendidikan Islam Menurut Ahmad Tafsir.” Fikrotuna 3, no. 1 (2017).

Y Maladi, E Zulaiha, M T Rahman. Makna Dan Manfaat Tafsir Maudhu’i. Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021.

Zurinal dan Wahdi Sayuti. Ilmu Pendidikan Pengantar Dan Dasar-Dasar Pendidikan. jakarta: UIN Jakarta Press, 2006.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30