Sinergi Pemerintah Dan Lembaga Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan (Studi Analisis Historis Madrasah Nizamiyyah)

Penulis

  • Nasiruddin Al Arifi UINSI Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.53640/azkiya.v7i1.1429

Kata Kunci:

Kata Kunci: Sinergi, Tujuan Pendidikan, Nizamiyyah

Abstrak

Madrasah Nizamiyyah merupakan lembaga pendidikan islam pertama yang dengan sukses menggagas system pendidikan klasikal modern pada era Abbasiyah. Keberhasilan tersebut menginspirasi terobosan-terobosan baru dalam dunia pendidikan islam pada masa selanjutnya. Penelitian library research ini menggunakan pendekatan tematik dengan teknik pengumpulan data dokumentasi berupa pengumpulan data dari dokumen yang berkorelasi dengan penelitian. Data dianalisis menggunakan metode content analysis lalu diverifikasi menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi positif pemerintah dengan lembaga pendidikan menjadi simbiosis mutualisme yang memberikan dampak positif antar sisi. Lembaga pendidikan diuntungkan dengan regulasi pemerintah yang mendukung perkembangan system pendidikan dan pemenuhan kebutuhan dasarnya, sedangkan pemerintah diuntungkan dengan taraf literasi dan kualitas sumber daya masyarakat yang berkembang sehingga meningkatkan kualitas bangsa dan negara secara global.

Referensi

Arnold, S. Warner and E.W. Osborne, “Experimential Learning in Secondary Agricultural Education Classrooms,” Journal of Southern Agricultural Research (2006): 30–39.

David Brooks and F. Goble, The Case for Character Education: The Role of the School Teaching Values and Virtue California: Studio 4, 1997.

Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Nasional. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran, 2010

Efendi, Rusdi, Buku Ajar Geografi Dan Ilmu Sejarah, Banjarmasin: Prodi Pend Sejarah FKIP ULM, 2020

Holsti, Ole R., Content Analysis for the Social Science and Humanities Massachusetts: Westley Publishing, 1969.

Ihsan, Khairul, Filsafat Sejarah Menurut Ibn Khaldun dan Karl Marx, Jurnal Paradigma, vol. 2, no. 2, 2020, 81-110

Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025, 2010

Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010

Makdisi, Georrge, The Rise of College Institutions of Learning in Islam and the West, England: Endinburgh University Press, 1981

Masy’ari, Anwar. Akhlakul Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 1990

Muhibuddin, Madrasah Nizamiyah Dalam Sejarah Peradaban Pendidikan Islam Di Baghdad, Ameena Journal, vol. 1, no. 1, 2023, 120-129

Muliyadi, dkk, Pendekatan dan Implementasi Kurikulum 2013, Edukasia, vol. 1, no. 1, 2017

Muqoyyidin, Andik Wahyun, Aktualisasi Pendidikan Islam Di Dalam Institusi-Institusi Madrasah Terkemuka Abad Klasik, Jurnal Madrasah, vol. 6, no. 1, 2013

Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2003

Nurlila Kamsi, Nizamul Mulk dan Madrasah Nizamiyah Relasi Lembaga Pendidikan dan Penguasa, Edification Journal, vol. 5, no. 1, Juli 2022, 11-24

Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Kemendiknas tahun 2011

Rasak, Muhammad Sarib Abdul, Pendidikan Islam Di Zaman Kemajuan Dalam Tinjauan Sejarah Peradaban Islam, Ibtida’I Datokarama, vol. 3, no. 1, 2022

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2013.

Shihab, Quraish. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al Qur’an, vol. 7, Jakarta: Lentera Hati, 2000

Syahid, “Pertumbuhan Madrasah: Periode Awal Hingga Nizhamiyah, Jurnal Qathruna, vol. 5 no. 1, 2018

Tritton, A.S., Materials on Muslim education in the Middle Ages, London: Luzac and Company, 1957

Wahidah, Anita Solihatul, Pengembangan Pendidikan Islam Era Modern Melalui Madrasah Nizamiyah, Al Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, vol. 12, no. 1, Maret 2018, 1-16

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-22