Strategi Penerapan Nilai-nilai Islam Dalam Kehidupan Sehari-hari Untuk Meningkatkan Karakter Siswa

Penulis

  • Maisarah UIN Sultan Muhammad Idris Samarinda

Kata Kunci:

Nilai-nilai Islam, pendidikan karakter, strategi implementasi

Abstrak

Penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa yang mulia, berakhlak, dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kehidupan siswa sebagai bagian dari pendidikan karakter. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dan observasi terhadap implementasi program di lingkungan sekolah berbasis Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif meliputi (1) pembiasaan ibadah harian, seperti shalat berjamaah, membaca Al-Qur'an, dan dzikir; (2) penguatan nilai-nilai keislaman melalui kurikulum terpadu; (3) pembinaan lingkungan sekolah yang kondusif melalui teladan guru dan staf.. Implementasi strategi ini terbukti mampu meningkatkan karakter siswa dalam aspek kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap sesama. Dengan demikian, penerapan nilai-nilai Islam tidak hanya menjadi landasan pendidikan spiritual, tetapi juga menjadi dasar pengembangan karakter yang unggul dan berdaya saing.

Referensi

Ahmad Muhajir Ansori. 2017. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Peserta Didik”. dalam Jurnal Pusaka: Media Kajian dan Pemikiran Islam. Vol 4 No. 2

Ahmadi, Abu . 2004. Psikologo Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Arief, Armal. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press

Astuti, Iswandari, Dkk. 2023. “Pendidikan Non Formal Sebagai Proses Penanaman Nilai-Nilai Islam pada Anak”. dalam Jurnal Dirasah. Vol 6 No. 2

Awaliyani Mahmudiyah dan Mulyadi. 2021. “Pembentukan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren”. dalam ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal. Vol. 2 No. 1

Azmar, Saifuddin. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

DD., Sarjono. 2008. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam

Eny Wahyu Suryanti dan Febi Dwi Widayanti. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius”. dalam Seminar Nasional Hasil Riset: Conference on Innovation and Application of Science and Technology, Malang: Universitas Widyagama

Habib Muhtarudin dan Ali Muhsin. 2019. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kitab al-Mawa’iz al-‘Usfuriyyah”. dalam Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3 No. 2

Heri Cahyono. 2016. “Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius”. dalam Jurnal Ri’ayah. Vol. 1 No. 2

Hidayah. 2021. “Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Swasta Berbasis Moderasi Beragama”. dalam Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 10 No.2

Ifham Choli, 2019. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam”. dalam Tahdzib Al-Akhlak : Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2 No. 2

Jelita Oktafiani, Putri Andam Dewi dan Meli sartika. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD N 15 Ampang Gadang” dalam Jurnal Socius Vol. 1 No. 5

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media

M. Idris. 2018. “Pendidikan Karakter : Perspektif Islam dan Thomas Lickona”. Dalam Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. VII No. 1.

Muhajir, Neong. 1993. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial, suatu Teori Pendidikan. Jakarta: Rake Sarasin

Muhammad Nahdi Fahmi dan Sofyan Susanto. 2018. “Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar”. dalam Pedagogia: Jurnal Pendidikan. Vol. 7 No. 2

Nur Ainiyah. 2013. “ Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”. dalam Jurnal Al-Ulum (Jurnal Studi-Studi Islam). Vol. 13 Nomor 1

Rahma Nurbaiti, dkk. 2020. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan”. dalam el-Bidayah Journal of Islamic Elementary Education. Vol. 2, Nomor 1

Rianawati. 2014. Implementasi Nilai-nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dan Madrasah, Cet. I. Pontianak: Pontianak Press

Sarmin. 2016. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai)”, dalam Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 9, Nomor 1

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-25