PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Habib Zainuri Universitas Kutai Kartanegara
  • Syahreza Irawan Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Rianggi Dwi Saputri Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Lisna Najibah Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

Keywords:

Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Pendidikan, Pendidikan Karakter

Abstract

Tujuan dari pengembangan kurikulum berbasis karakter adalah untuk menghasilkan kurikulum baru, mengimplementasikan kurikulum, meningkatkan dan mengadaptasi kurikulum yang ada, dan mengawasi kurikulum pendidikan dasar. Sebagai bagian dari pengawasan ini, kurikulum diamati, dinilai, dan direvisi sebagai tanggapan terhadap umpan balik dari pelaksanaan kurikulum pendidikan dasar di lembaga-lembaga pendidikan baik di dalam maupun di luar kelas. Pembuatan kurikulum harus didasarkan pada tujuan pendidikan nasional, Pancasila, nilai-nilai budaya dan agama, serta tujuan nasional. Sangat penting untuk mengembangkan kurikulum untuk meningkatkan pendidikan karakter di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kegiatan apa saja yang termasuk dalam kurikulum untuk membantu meningkatkan pendidikan karakter, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peningkatan pendidikan karakter, dan bagaimana pengembangan kurikulum dapat meningkatkan cara penerapan pendidikan karakter. Meskipun pendidikan karakter pada dasarnya adalah urusan rumah tangga, pendidikan karakter berbasis sekolah juga sama pentingnya. Jika seorang anak menerima pendidikan karakter yang baik dari keluarganya, mereka akan tumbuh menjadi orang yang baik. Namun, banyak orang tua yang lebih mementingkan kecerdasan daripada pendidikan karakter.

References

Abdillah Dalimunthe, Reza Armin. “Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1 (2016): 102–111.

Andiatma, Andiatma. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter.” Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2019): 31–43.

Approach, Common Good. “Hakikat Pendidikan Karakter” (2016): 1–23.

Fauziah, R.S. Pupu, Novi Maryani, and Ratna Wahyu Wulandari. “Pelaksanaan Model Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 2 (2019): 139.

Helaluddin, hengki wiijaya. “Hakikat Pendidikan Karakter.” Over The Rim (2017): 1–10.

Magdalena, Ina, Romita Umayyah Hadi, Sarah Delilah, and Erika Puspita Dewi. “Strategi Pembentukan Karakter Siswa Di SD Negeri Cikokol 4.” Jurnal Pendidikan dan Dakwah 2, no. 3 (2020): 439–452.

Mu’arif, Annisa Nurhidayati, Farahdila Damayanti, Retno Akmalia, Tita Arsfenti, and Darmadi Darmadi. “Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2021): 44–57.

Purwanto, Anim. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif: Teori Dan Contoh Praktis. Penerbit P4I, 2022.

Yusuf, Sitti Astika, and Uswatun Khasanah. “Kajian Literatur Dan Teori Sosial Dalam Penelitian.” Metode penelitian ekonomi syariah 80 (2019): 1–23.

Published

2025-01-13