PENERAPAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH TENGGARONG

Authors

  • Narda Wati Universitas Kutai Kartanegara
  • Mubarak Universitas Kutai Kartanegara
  • Mukmin Universitas Kutai Kartanegara

Keywords:

Implementasi, Full Day School, Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program full day school dalam membentuk karakter siswa di SMA Muhammadiyah Tenggarong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan pendekatan analisis Miles dan Huberman, dengan melibatkan analisis mengalir melalui beberapa tahap, mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, display, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program full day school di SMA Muhammadiyah Tenggarong berperan dalam membentuk karakter siswa. Program ini dilaksanakan melalui kurikulum terpadu dan kegiatan terpadu yang memadukan kurikulum pembelajaran umum dengan pendidikan Islam, meliputi kurikulum K-13, kurikulum mandiri, dan kurikulum keislaman, kemuhammadiyahan, dan bahasa Arab (ISMUBA). Kurikulum ini mencakup akidah, akhlak, sejarah Islam, fikih, serta Al-Qur'an dan Hadits. Metode yang digunakan adalah pembelajaran aktif (student active learning) yang berpusat pada siswa. Untuk membentuk karakter siswa, metode yang digunakan adalah pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan. Karakter yang ingin ditanamkan melalui metode ini antara lain karakter religius, yaitu menunjukkan perilaku mulia kepada teman sebaya, guru, orang tua, dan ketaatan dalam menjalankan ajaran agama.

References

Alwi, Besse Marjani. Pendidikan Karakter: Solusi Bijak Menyikapi Perilaku Menyimpang Anak. I. Makassar: Alauddin University Press, 2014.

Asyhar, Ali, and Purnama Susiati. “Pelaksanaan Full Day School Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Huda Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik (Studi Problematika Perkembangan Sosial Peserta Didik).” CENDEKIA: Jurnal Studi KeIslaman 1, no. 1 (2015).

Fauziah. “Full Day School Dalam Pembinaan Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1, no. 2 (2022).

Hasan, Nor. “Full Day School (Model Alternatif Pembelaaran Bahasa Asing).” Tadris Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2006).

Hendriana, Evinna Cinda, and Arnold Jacobus. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.” JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 1, no. 2 (2016).

Iskandar, Wahid, and Sabar Narimo. “Pengelolaan Full Day School Dalam Membentuk Karakter Siswa SD.” Manajemen Pendidikan 13, no. 1 (2018).

Kemendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tentang Hari Sekolah. Jakarta, 2017.

Koesoema, Doni A. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2007.

Leasa, Marleny, and John Rafafy Batlolona. “Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMKN 13 Kota Malang.” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 6, no. 1 (2017).

Miles, and Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 2014.

Ridwan, Muhammad. Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah. Malang: Madza Media, 2022.

Silalahi, Tauada. Bahan Perkuliahan Evaluasi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualtatif, Dan R&D). Bandung: ALFABETA, 2018.

Suparno, Paul. Guru Demokratis Di Era Reformasi. Jakarta: Grasindo, 2003.

Yahya, M. Slamet. Pendidikan Karakter Di Islamic Full Day School. Purwokerto: STAIN Press, 2019.

yati, rabi. “Guru Efektif Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan.” Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Perpektif Psikologi Pendidikan, no. 2504 (2015): 1–9. https://www.academia.edu/35692180/Guru_efektif_dalam_perspektif_psikologi_pendidikan.

Yustanto. Menggagas Pendidikan Islam Masa Depan. Jakarta: Balai Pustaka, 2004.

Yusuf, Budi. “Pelaksanaan Pembelajaran Full Day School (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Kota Bangun).” Jurnal Azkia 1, no. 2 (2018).

Yuwono, Tristiyo Hndro. “Full Day School: Realisasi Pembentukan Karakter Anak.” PIGUR Jurnal Pendidikan Guru 1, no. 1 (2017).

Published

2023-12-14