ANALISIS PENDIDIKAN ISLAM DENGAN DISIPLIN ILMU PSIKOLOGI MODERN MELALUI NALURI BERAGAMA

Authors

  • Khumaini Rosadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • M. Abzar Duraesa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Keywords:

Pendidikan Islam, Psikologi Islam, Multidisipliner

Abstract

Dalam kajian Islam, khususnya pendidikan Islam, artikel ini mengkaji psikologi sebagai bidang keilmuan. Karena psikologi dan pendidikan Islam memiliki banyak ide dan tujuan yang sama ketika mengkaji permasalahan kehidupan yang berbeda, teori psikologi diperlukan agar studi Islam menjadi lebih tepat dan tepat sasaran. Esai ini merupakan penelitian kepustakaan, artinya ditulis menggunakan metodologi ilmiah kualitatif dan informasi dari perpustakaan. Oleh karena itu, pendekatan yang diambil dalam artikel ini melibatkan eksplorasi berbagai data, termasuk data primer dan sekunder, dengan menggunakan tindakan spesifik berikut ini: membaca dan menganalisis dengan cermat sumber-sumber primer, seperti buku-buku hasil psikologi dan pendidikan Islam. makalah, tesis, atau disertasi terkait. Oleh karena itu, psikologi sebagai ilmu

References

Aprin Nuur Faaizun, Model Pembelajaran Rasulullah Saw Dalam Perspektif Psikologi, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XI, No. 1, Juni 2019.

Baharuddin, Paradigma Psikologi Islami: Studi tentang Elemen Psikologi dari Al-Qur’an, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018).

Erian, S. M., & Rizki, M. A, Penerapan Psikologi Pendidikan pada Pembelajaran Agama Islam dI SMP Negeri 03 Jombang. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 5, No 2, 2019.

Ghofur, A, Tasawuf al-Ghazali : Landasan Psikologi Pendidikan Islam. Jurnal Islam Nusantara, Vol 2, No 1, 2018.

Hadi, Abdul, Perbandingan Psikologi Kepribadian Islam Dan Barat, Jurnal Al-Risalah, Volume IX, No. 1, 2018.

Hardani, dkk, Metode Artikel Kualitatif&Kuantitatif, (Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2020).

Haryanto, Sri, Pendidikan Karakter Tinjauan Psikologi Dan Islam, Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 4, Nomor 1, Januari-Juni 2021.

Imron, Ali “Tasawuf dan Problem Psikologi Modern”, Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, Vol.29, No. 1, 2018.

Mahmudi, Pendidikan Agama Islam dan Tinjauan Agama Islam Epistemologi, Isi dan Materi, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No. 1, 2019, 92.

Mansir, F, Disiplin ilmu Psikologi dalam Kajian Pendidikan Islam. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, Vol 6, Desember, No 20, 2020.

Moleong, Lexy J, Metodologi Artikel Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018).

Mustofa, A, Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. e-Jurnal STAI Hasan Jufri Bawean, 2019.

Mutholingah, A. Qomarudin, Hubungan Psikologi, Tasawuf dan Pendidikan Agama Islam, Jurnal Ta’limuna, Vol. 11, no. 02, september 2022.

Mutholingah, Siti. “Metode Penyucian Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs) dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Ta’limuna, Vol. 10, No. 01, Maret 2021.

Nurhayati, E, Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Perbowosari, H., Indrawan, I., & Setyaningsih, H. W. PengantarPsikologi Pendidikan. Pasuruan, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.

Rosidi, A, Disiplin ilmu Psikologi dalam Studi Islam. Inspirasi: Jurnal Kajian dan Artikel Pendidikan Islam, Vol 3, No 1, 2019.

Published

2023-12-14