STRATEGI MEMBANGUN GENERASI BERAKHLAK MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN ISLAM DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Authors

  • Kamelia Nabila Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Budi Yusuf Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Taufikur Rohman Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

DOI:

https://doi.org/10.53640/azkiya.v7i1.1638

Keywords:

Sinergi, Tujuan Pendidikan, Strategi Pendidikan Islam, Lingkungan Sekolah

Abstract

Moral education in schools is very important in forming the character of the younger generation who have morals and integrity. Building morals includes developing good values, with the aim of creating intelligent, emotional and spiritual individuals. Teachers and parents have a crucial role in this process. Islamic education in schools provides a strong framework for moral formation through a values-based curriculum, character education, and a supportive environment. It is hoped that these strategies will be able to form a generation that not only excels academically, but also has noble morals, which are the main pillars in building a harmonious and prosperous society.

References

Adelia, I., & Mitra, O. (2021). Permasalahan pendidikan islam di lembaga pendidikan madrasah. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 32–45.

Althafullayya, M. R. (2024). Peran Pendidikan Karakter Untuk Generasi Muda Berdaya Tahan dalam Mendukung Ketahanan Nasional: Analisis Holistik. Journal Education Innovation (JEI), 2(1), 163–174.

Asrokhi, A. K., & As’ad, A. (2023). Pengaruh Pendidikan Akhlak Terhadap Hubungan Bertetangga Harmonis. Islam & Contemporary Issues, 3(1), 22–26.

Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Juliansyah, J., Febriani, R., & Oktarina, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda. Faidatuna, 4(3), 140–149.

Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya.

Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 173–202.

Fitrianti, L. (2019). NILAI MORAL DAN ETIKA DALAM KURIKULUM (Eksternal Subjektif dan Internal Objektif). Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 14(1), 343–354.

Hasanah, A. (2015). Urgensi Pendidikan Moral dan Akhlak Pada Anak Usia Dini. ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman, 8(1), 25–47.

Hermawan, A. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural dalam Membina Toleransi Bergama Siswa di SMPN 9 Blitar. IAIN Kediri.

Ichsan, Y. (2021). Implikasi Pendidikan Islam di Indonesia pada Zaman Orde Lama, Baru, dan Reformasi. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 8–15.

Indrawan, I. (2014). Pendidikan karakter dalam perspektif islam. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Japar, M., Zulela, M. S., & Mustoip, S. (2018). Implementasi pendidikan karakter. Jakad Media Publishing.

Jarbi, M. (2021). Tanggungjawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendais, 3(2), 128.

Kurniawan, E., Wildani, A. I., Zaki, M., & Dhiya’Syaifullah, M. (2023). Strategi Pengintegrasian Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dalam Membangun Karakter Islami di MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 2(2), 761–773.

MANSUR, Y. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF SYAIKH ABDULLAH BIN HUSAIN BA’ALAWI DAN SYAIKH NAWAWI AL BANTANI. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Munawir, M., Alfiana, F., & Pambayun, S. P. (2024). Menyongsong Masa Depan: Transformasi Karakter Siswa Generasi Alpha Melalui Pendidikan Islam yang Berbasis Al-Qur’an. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 1–11.

Parnawi, A., & Ridho, D. A. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam. Berajah Journal, 3(1), 167–178.

Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh perhatian orang tua, budaya sekolah, dan teman sebaya terhadap karakter religius anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452.

Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7362–7368.

Rozak, A. (2023). Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas Vii Di Sekolah Mts Negeri 01 Pamulang Tangerang Selatan: Pendekatan Metode Literature Study and Review (Lsr). El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 1–8.

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan akhlak menurut imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2).

Viantik, R. N. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI CORE VALUES AKHLAK PADA KINERJA KARYAWAN BSI KCP TASIKMALAYA AHMAD YANI. Universitas Siliwangi.

Published

2024-10-22