TRANFORMASI GURU PROFESIONAL PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL)

Authors

  • Desilia Devanti Universitas Kutai Kartanegara
  • Wifda Muftiana Universitas Kutai Kartanegara
  • Mukmin Universitas Kutai Kartanegara

Keywords:

Transformasi, Guru Profesional, Student Centered Learning

Abstract

Saat ini, pendidikan menghadapi tuntutan yang semakin kompleks dan berkembang pesat. Karena itu, pendekatan pengajaran harus diubah. Student Centered Learning adalah pendekatan yang semakin populer, yang menekankan peran penting siswa dalam proses pembelajaran. Untuk menerapkan pendekatan ini, transformasi guru profesional sangat penting. Guru yang mengalami transformasi profesional dalam konteks Student Centered Learning harus beradaptasi dengan peran yang sangat berubah. Mereka bukan lagi hanya guru yang mengajar siswa, tetapi menjadi fasilitator pembelajaran yang mendorong siswa untuk memecahkan masalah, mengeksplorasi ide-ide, dan memahami konsep secara menyeluruh. Pendekatan Student Centered Learning menekankan kerja sama aktif antara guru dan siswa. Guru harus membuat lingkungan di mana siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran, membuat pertanyaan, membuat proyek, dan bekerja sama dengan sesama siswa. Siswa harus terlibat dalam pembelajaran mereka sendiri selama proses ini. Untuk memenuhi tuntutan pendidikan yang berkembang, guru harus berubah untuk menerapkan pendekatan belajar berpusat pada siswa (Student Centered Learning).

References

Azizah, Maryam Nur. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Classroom Blogging Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa SMA. Jakarta: UPI, 2011.

Faizin, Moh, Rifani Nabilla Rahman, Saniyyah Labibah, Vanissa Arum Saharani, and Azmi Niswah Nabila. “Mengaplikasikan Pendekatan Student Centered Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam” 13, no. 117 (2023): 1–22.

Firmansyah, A. & Robid, N.J. “Kecenderungan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Student Centre Learning Dan Teacher Centre Learning Dalam Pembelajaran.” JGI Jurnal Guru Indonesia 2 no.1 (2022).

Fitriyah, Lailatul. “Student Centered Learning Dalam Surah Al-Kahfi.” Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2020): 31–51.

Marhaeni, A.A.I.N. Determinasi Beberapa Faktor Afektif Yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja: Lembaga Penelitian Undiksha, 2008.

Pangabean, Suvriadi, Srie Faizah Lisnasari, Ika Puspitasari, Listari Basuki, Ahmad Fuadi, and Hamdan Firmansyah. Sistem Student Center Learning Dan Teacher Center Learning. Media Sains Indonesia, 2021.

Rizali, A. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta: Jakarta Grasindo, 2009.

Santyasa, I wayan. “Student Centered Learning : Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 Untuk Menyiapkan Guru Profesional.” Prosiding Seminar Nasional Quantum 25 (2018).

Sapa’at, A. Stop Menjadi Guru. Jakarta: PT Tangga Pustaka, 2012.

Trinova, Zulvia. “PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING” (2003): 324–335.

Yusnita, Novi cynthia, and Muqowim. “Pendekatan Student Centered Learning Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Dan Mandiri Anak Di TK Annur II.” Jurnal Ilmiah Potensia 5, no. 2 (2020): 116–126.

Published

2023-12-14