KONSEP KEJUJURAN DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN HADITS DAN RELEVANSINYA TERHADAP IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEMENDIKBUD

Authors

  • Nasiruddin Al Arifi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Iskandar UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mahyuddin Barni UIN Antasari Banjarmasin

Keywords:

Kejujuran, Karakter, Pendidikan, Al-Qur'an, Hadis, Kemendikbud

Abstract

Kejujuran merupakan salah satu nilai moral yang menjadi inti dari karakter manusia. Sebagai prinsip dasar, kejujuran mencerminkan integritas dan kualitas moral yang membangun fondasi kuat bagi individu dan masyarakat. Al Qur’an dan hadits selaku inti dari syariat islam menyebut tema kejujuran dalam berbagai pembahasan. Maka penting kiranya memahami konsep kejujuran sesuai ketentuan Al-Qur’an maupun hadits sehingga dapat memaksimalkan implementasi nilai kejujuran sesuai dengan konsep pendidikan karakter yang di canangkan Kemendikbud. Penelitian library research ini menggunakan pendekatan tematik. Dengan teknik dokumentasi sebagai media pengumpulan data, berupa usaha mengumpulkan data dari dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Lalu data dianalisis dengan metode content analysis dan diverifikasi dengan triangulasi sumber. Hasil menunjukkan bahwa kejujuran menurut terminologi bahasa arab biasa disebut sebagai amanah, merujuk pada kejujuran dalam menunaikan hak kepada Allah dan sesama dan sidiq yang merujuk pada karakteristik lurus dan membenarkan janji Allah Swt. Lafadz amanah tersebut sebanyak 14 kali dan sidiq tersebut sebanyak 270 kali dalam Al Qur’an, adapun dalam hadits lafadz amanah tersebut 153 kali dan sidiq sebanyak 645 kali. Konsep kejujuran dalam perspektif Al Qur’an dan hadits bermuara kepada 3 pokok: 1) Pemenuhan hak kepada Tuhan, 2) Pemenuhan hak kepada sesama, 3) Keselarasan antara hati, lisan dan tindakan. Pokok-pokok tersebut menjadi dasar dari karakter kejujuran yang menjadi bagian dari nilai pendidikan karakter yang dicanangkan Kemendikbud

References

Abu Husain Ahmad bin Faris bin Zakaria, Mu’jam Maqayisyil Lughah Al Anbiya, j. 1, Beirut: Dar Al Fikr, 1979

Agung, Ivan Muhammad. Pengukuran Konsep Amanah Dalam Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jurnal Psikologi, vol. 3, no. 43

Al Khadir, Muhammad. Kautsar Ma’ani Ad Darari, jilid 3, (Beirut: Mu’assasah Risalah, 1995

Arnold, S. Warner and E.W. Osborne, “Experimential Learning in Secondary Agricultural Education Classrooms,” Journal of Southern Agricultural Research (2006): 30–39.

Audah, Ali, Konkordansi Qur’an, Panduan Kata Dalam Mencari Ayat Qur’an Jakarta: Pustaka Litera Antar Nusa, 2008.

Crain, William, Theories of Development, Concepts and Applications, terj. Yudi Santoso, Teori Perkembangan; Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

David Brooks and F. Goble, The Case for Character Education: The Role of the School Teaching Values and Virtue California: Studio 4, 1997.

Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Nasional. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran, 2010

Dit PSMP Kemdiknas. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama, 2010

Holsti, Ole R., Content Analysis for the Social Science and Humanities Massachusetts: Westley Publishing, 1969.

Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025, 2010

Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010

Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran, 2010

Masy’ari, Anwar. Akhlakul Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu, 1990

Muliyadi, dkk, Pendekatan dan Implementasi Kurikulum 2013, Edukasia, vol. 1, no. 1, 2017

Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2003

Permendiknas No. 23 tahun 2006

Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Kemendiknas tahun 2011

Sari, Endah Puspita dan Nanum Sofiah. Konstruksi Alat Ukur Amanah dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits, Jurnal Psikologi Islam, vol. 5 no. 1, 2018, 13

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2013.

Shihab, Quraish. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al Qur’an, vol. 7, Jakarta: Lentera Hati, 2000

Wensinck, A.J., Mu’jam Mufahras Li Alfadz Hadits, (Leiden: E. J. Brill, 1955), 1426-1454

Yumnah, Siti. Pendidikan Karakter Jujur Dalam Perspektif Al Qur’an, Jurnal Pancawahana, vol. 14, no. 1, 2019, 27-38

Yusuf, Syamsul. Landasan Bimbingan Konseling, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010

https://pusiknas.polri.go.id/detail_artikel/polri_tindak_lebih_3.000_kasus_penipuan_dan_penggelapan_setiap_bulan, diakses pada 23 November 2023

Published

2023-12-14