KONSEP FITRAH DAN PENGEMBANGANNYA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIS

Authors

  • Rosita UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Iskandar UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mahyuddin Barni UIN Antasari Banjarmasin

Keywords:

Fitrah, Pengembangan, Al-Qur'an dan Hadis

Abstract

Merujuk pada tujuan penelitian dengan menggunakan desain metode kajian literature review yang mana berfokus pada pembahasan mengenai konsep fitrah dan pengembangannya dalam persepektif alquran dan hadis. Dari literature yang dilakukan, terdapat beberapa temuan, yaitu: kata fitrah (fathara) yang berarti menciptakan, yaitu untuk menyatakan penciptaan sesuatu, seperti khalaqallahus samawati wal ard dan khalaqal insana min alaq, baik secara al-jism maupun an-nafs, ayat tersebut menggunakan kata khalaqa, artinya menisbatkan pelakunya kepada Allah Swt. Makna fithrah (فطر) juga bisa diartikan kejadian, agama, kesucian, potensi dasar atau tabiat. Dalam pandangan pendidikan Islam fitrah diartikan sebagai potensi manusia yang meliputi kekuatan hidup, akal manusia dan kekuatan spritual keagamaan. Pengembangan fitrah dalam perspektif alquran tidak lepas dari penjelasan ayat alquran dalam QS. Ar-Rum (30): 30 dan penafsirannya memaparkan dengan tegas tentang fitrah manusia, yaitu agar manusia hanya beribadah kepada Allah Swt. Dan beberapa redaksi hadis salah satunya menyebutkan bahwa fitrah berarti kesucian jasmani dan rohani. Namun, tidak menutup kemungkinan dalam proses perkembangan dapat menjadikan anak tergelincir kearah yang jauh dari ajaran Islam, sebab didikan yang salah. Oleh sebab itu, pengembangan fitrah manusia yang hanif dalam pendidikan Islam, salah satunya yaitu dapat dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai dan mengolah potensi fitrah anak. Pendidik juga mampu menjadi fasilator bagi pelaksanaan seluruh pengaktualisasian potensi yang dimiliki anak dan didukung dengan kurikulum yang dapat membina seluruh aspek kehidupan manusia dan disusun berdasarkan prinsip-prinsip.

References

A. Susanto. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2010.

Fartorrahman. “Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam”. Sumenep: STIT Aqidah Usymuni Tarate Pandian, 2019. Jurnal Tafbim Al-Ilmi, Vol 11, No 1. 3553-Article Text-9844-1-10-20190917.pdf.

Hajar al-Asqalani, Ibnu. Fathul Barri: Penjelasan Kitab Shahih Al-Bukhari Terjemah: Amiruddin, Jilid XXIII. Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.

H. M. Arifin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

H. M. Sudiyono. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

John M. Echols, dan Hassan Shadily, Kamus Indonesia-Inggris (Jakarta: Gramedia, 1994.

Junaidi Firman, Arham. “Paradigma Hasan Langgulung Tentang Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam”. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2017. Jurnal, Vol 8, No 2. http://jounaluhamka.acid//index.php//jpi.

Langgulung, Hasan. Pendidikan dan Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1985.

Langgulung, Hasan. Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1988.

Mandzur, Ibn. Lisan al-Arab. Kairo: Daar al-Mishriyah,1992.

Mualimin. Konsep Fitrah Manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam (Lampung: UNL, 2017. Jurnal Pendidikan Islam: Al-Tadzkiyyah, Vol 8, No 2, 2017. Fitrah dalam Alquran Fix.pdf.

Muhaimin, dkk. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Mujib, Abdul, and Jusuf Mudzakir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2006.

Munib, Achmad. “Konsep Fitrah dan Implikasinya dalam Pendidikan”. Semarang: Universitas Hasyim Semarang, 2017. Jurnal: Progres, Vol 5, N0 2, 2017. Fitrah Menurut Alquran.pdf.

Muslim, Imam. Al-Jami Sohih al-Musamma Sohih Muslim Juz VIII. Bairut: Da al-Ma’ari, t.t.

Nazar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.

Nursalim, Eko, and Iskandar. “Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Quran dan Hadist”. Samarinda: Program Doktor Pendidikan Agama Islam UINSI , 2021. Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al-Quran dan Hadis, Vol 1, No 1, 2021. https://mushafjournal.com/index.php/mj/article/view/8/9/.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Quran. Bandung: Mizan, 2016.

Septemiarti, Isnaini. “Konsep Fitrah dalam Persepektif Al-Quran dan Pendidikan Islam”. STAI Nurul Hidayah, 2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: EDUKASIA, Vol 4, No 2, 2023. Konsep Fitrah dalam Al-Quran Fix.pdf.

Suriadi. “Fitrah dalam Perspektif Alquran”. Kalimantan Barat: Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syarifuddin Sambas, 2018. Jurnal MUADDIB: Studi kependidikan dan Keislaman, Vol 08, No 02, 2018. Pengertian Fitrah Fix.pdf.

Published

2023-12-14 — Updated on 2023-12-15

Versions