IMPLEMENTASI AI DALAM MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SI ERA SOSIETY 5.0
Kata Kunci:
ChatGPT, Artificial Intelligence, Pendidikan Agama Islam, Kemandirian Belajar, Society 5.0.Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi penggunaan ChatGPT, salah satu bentuk Kecerdasan Buatan (AI), sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam rangka menumbuhkan kemandirian belajar di kalangan siswa di era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif yang berfokus pada penelitian kepustakaan (library research) dengan menganalisis berbagai literatur tentang peran ChatGPT dalam dunia pendidikan, khususnya di bidang PAI. Data diperoleh melalui analisis dokumen dari buku-buku dan jurnal ilmiah seperti artikel penelitian yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT memiliki potensi dalam memfasilitasi interaksi otonom siswa, fleksibilitas akses, dan kemampuan adaptasi konten Islam kontekstual untuk meningkatkan kemandirian belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT sebagai alat pembelajaran dapat berkontribusi pada evolusi digital pendidikan agama menuju kemandirian dan keberlanjutan.
Referensi
Budiawan, S, S T Alvianus Dengen, R Delu Abidah, M Si Kamrin, and S E Roy Rocky Suprapto Baan. DIALOG DIGITAL: MEMAHAMI KOMUNIKASI MANUSIA DAN MESIN DALAM ERA INTERKONEKSI. Penerbit Widina, 2025.
Farman, Indra, Abdul Wahid, Nur Alamsyah, and Ashabul Taufik. “Transformasi Pendidikan Di Era AI Studi Kasus Penggunaan Chatgpt Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 7, no. 4 (2024): 16393–16398.
Fauziyati, Wiwin Rif’atul. “Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 4 (2023): 2180–2187.
Fricticarani, Ade, Amalia Hayati, Irva Hoirunisa, and Gina Mutiara Rosdalina. “Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI) 4, no. 1 (2023): 56–68.
Fuad, A Jauhar, and Fathiyah Mohd Fakhruddin. “Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” In Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE), 3:1–14, 2024.
Johar, Rahmah, and Latifah Hanum. Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru Yang Profesional. Syiah Kuala University Press, 2021.
Junatama, Rozan Taqi, Muhammad Zakry Ramadhan, and Gusmaneli Gusmaneli. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Adaptif Pada Pendidikan Islam Di Era Merdeka Belajar.” Hidayah: Cendekia Pendidikan Islam dan Hukum Syariah 2, no. 1 (2025): 23–35.
Maliki, Ibnu Akbar. “Artificial Inteligence Untuk Kemanusiaan: Pengembangan Konsep Keberagamaan Melalui Chat-GPT Sebagai Solusi Krisis Identitas Muslim Urban Di Era Digital.” Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama 4, no. 1 (2024): 35–51.
Pontjowulan, H I A. “Buku Referensi; Inovasi Pembelajaran Digital Dalam Kurikulum Merdeka” (n.d.).
Pratiwi, Aprilisa, Partono Partono, and Suherman Suherman. “Akurasi Penggunaan Chat GPT Dalam Menganalisis Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha.” Jurnal Budi Pekerti Agama Buddha 2, no. 4 (2024): 1–10.
Razilu, Zila. INOVASI PEMBELAJARAN Integrasi Artificial Intelligence Dalam Teknologi Pendidikan. Penerbit Widina, 2025.
Salsabila, Unik Hanifah, Muhammad Lutfi Nur Hanifan, Muhammad Ibnu Mahmuda, Muhammad Afif Nur Tajuddin, and Anggi Pratiwi. “Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Pendidikan Islam.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 3268–3275.
Setiawati, Lilis, Ferriza Nur Rofiqa Nasri, and Ayu Rizki Amalia. “Implementasi Chat-Gpt Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” In International Conference on Humanity Education and Society (ICHES). Vol. 3, 2024.
Simatupang, Halim. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke‐21. Pustaka Media Guru, 2019.
Subandowo, Marianus. “Teknologi Pendidikan Di Era Society 5.0.” Jurnal Sagacious 9, no. 1 (2022).
Sulianta, Feri. Chat GPT-Memberdayakan Large Language Model Untuk Berbagai Kebutuhan. Feri Sulianta, 2024.
Umam, Chotibul. Inovasi Pendidikan Islam: Strategi Dan Metode Pembelajaran PAI Di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publisher, 2020.
Yasdar, M, and Muliyadi Muliyadi. “Penerapan Teknik Regulasi Diri (Self Regulation) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang.” Jurnal Edumaspul 2, no. 2 (2018): 51.
Zein, Afrizal. “Dampak Penggunaan ChatGPT Pada Dunia Pendidikan.” Jurnal Informatika Utama 1, no. 2 (2023): 19–24.
Zubaidah, Siti. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran.” In Seminar Nasional Pendidikan, 2:1–17, 2016.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 AZKIYA

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.