KONSEP ISLAMISASI ILMU ISMAIL RAJI AL FARUQI DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

Penulis

  • Nasiruddin Al Arifi UINSI Samarinda

Kata Kunci:

Kata Kunci: Islamisasi, Ilmu, Al Faruqi, Sisdiknas

Abstrak

Konsep integrasi antara islam dan ilmu pengetahuan telah menjadi topik yang penting dalam studi keilmuan islam kontemporer. Artikel ini bertujuan mengkaji konsep islamisasi ilmu dalam perspektif Ismail Raji al Faruqi, dan relevansinya terhadap sistem pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research dengan pendekatan tematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi berupa usaha mengumpulkan data dari dokumen yang memiliki korelasi dengan penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi (content anaysis). Setelah itu data diverifikasi menggunakan metode triangulasi sumber. Al Faruqi memiliki konsep terstruktur untuk implementasi islamisasi ilmu dalam lembaga pendidikan yang tertuang dalam dua belas langkah berupa: penguasaan ilmu modern dan islam, survey atas ilmu modern dan islam, analisis khazanah keislaman dan ilmu modern, penentuan relevansi islam, kritik atas ilmu modern dan khazanah islam, survey atas permasalahan kemanusiaan dan analisa kreatifnya, penuangan ilmu modern dalam kerangka islam serta penyebarluasannya melalui sistem yang terstruktur dalam lembaga pendidikan. Konsep yang ditawarkan al Faruqi ini memiliki titik keselarasan dengan sistem pendidikan nasional dari sisi tujuan pengembangan potensi peserta didik secara terstruktur dengan bersandar pada nilai religiusitas. Namun pandangan al Faruqi untuk menuangkan kembali disiplin ilmu modern ke dalam wawasan Islam secara literal berbeda dengan konsep yang diterapkan dalam sistem pendidikan nasional yang berfokus kepada implementasi nilai keagamaan dalam pembentukan karakter peserta didik.

Referensi

Abūsulaymān, ʻabdulḥamīd, And International Institute Of Islamic Thought, Eds. Islamization Of Knowledge: General Principles And Work Plan. 2nd Ed., Rev.Expanded. Islamization Of Knowledge Series No. 1. Herndon, Va., U.S.A: International Institute Of Islamic Thought, 1989.

Arnold, S. Warner, And E.W. Osborne. “Experimential Learning In Secondary Agricultural Education Classrooms.” Journal Of Southern Agricultural Research (2006): 30–39.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Ditengah Tantangan Milenium, (Jakarta: Kencana Paramadina, 1996), N.D.

Al Faruqi, Ismail Raji. Seni Tauhid Esensi Dan Ekspresi Estetika, Terj. Hartono H Dan Ahmad Norma P, (Yogyakarta: Yayasan Benteng Budaya, 1999), 274, N.D.

Al Faruqi, Lamya. Ailah, Masa Depan Kaum Wanita, Terj. Masyhur Abadi, (Surabaya: Al Fikri, 1997), 32, N.D.

Holilulloh, Andi, And Fouad Larhzizer. “The Islamization Of Knowledge: Telaah Pemikiran Nidhal Guessoum Dan Ismail Al-Faruqi” (2020).

Holsti, Ole R. Content Analysis For The Social Science And Humanities. Massachusetts: Westley Publishing, 1969.

Inayah, Firda. “Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Prinsip Umum Dan Rencana Kerja - Ismail Raji’ Al-Faruqi.” Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam 18, No. 2 (September 1, 2020): 225.

Jannah, Fathul. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Dinamika Ilmu, 167, N.D.

Kafrawi, Ridwan. Ensiklopedia Islam, (Jakarta: Ikhtiar Baru V, 1995), N.D.

Kamaruddin, Hidayat. Agama Masa Depan Perspektf Filsafat Perenial, (Jakarta, UI Pres, 1995), N.D.

Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Kemendiknas,” 2011.

Ramayulis Dan Syamsul Nizar. Ensiklopedia Tokoh Pendidikan Islam, Mengenal Tokoh Pendidikan Islam Di Dunia Islam Dan Di Indonesia, (Ciputat: Quantum Teaching, 2005),. 107., N.D.

Soleh, A Khudori. “Mencermati Konsep Islamisasi Ilmu Ismail R Faruqi.” Ulul Albab Jurnal Studi Islam (September 20, 2013). Accessed November 10, 2023. Http://Ejournal.Uin-Malang.Ac.Id/Index.Php/Ululalbab/Article/View/2398.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Shihab, Quraish. Tafsir Al Misbah; Pesan, Kesan Dan Keserasian Al Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2001.

Taufik, Muhammad, And Muhammad Yasir. “Mengkritisi Konsep Islamisasi Ilmu Ismail Raji Al-Faruqi: Telaah Pemikiran Ziauddin Sardar.” Jurnal Ushuluddin 25, No. 2 (December 14, 2017): 109.

Zarkasyi, Hamid Fahmi, Dkk. “Reading Al-Attas Ta’dīb As Purpose Of Islamic University. In International Conference On Science, Technology, And Environment, 3. Yogyakarta, 2019” (N.D.).

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-25