STUDI PENCEGAHAN PEMBENTUKAN AIR ASAM TAMBANG DENGAN METODE ENKAPSULASI

Authors

  • Waterman Sulistyana B Hamzah Umar

Keywords:

air asam, enkapsulasi, pemantauan, kualitas tanah, kualitas air

Abstract

Kegiatan penambangan batubara berpotensi pencemaran berupa air asam tambang. Upaya pencegahan dilakukan dengan metode enkapsulasi pada area waste dump. Namun sering tidak dilakukan evaluasi terhadap model enkapsulasi serta pemantauan kualitas tanah dan air. Penelitian ini dilakukan di daerah Lati dan Sambarata Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur Indonesia untuk mengkaji penerapan metode enkapsulasi. Berdasarkan evaluasi model geokimia, material NAF hanya 2030% dari volume total overburden di daerah penelitian. Jumlah material NAF yang terbatas menimbulkan permasalahan pelaksanaan metode enkapsulasi. Metode penelitian meliputi: studi pustaka, penelitian lapangan, pengambilan sampel, uji laboratorium, analisis dimensi model enkapsulasi, analisis kualitas air dan tanah.

Berdasarkan uji sifat fisika tanah, pada disposal Lati dan Sambarata terdiri dari tekstur/jenis tanah liat/lempung berdebu, permeabilitas very low dan porositas high. Sifat kimia tanah disposal Lati dan disposal Sambarata memiliki pH tanah yang sangat masam (SM) masam (M) dan kapasitas tukar kation (KTK) bernilai rendah yang mencirikan mineral kaolinit (liat).

Pengukuran kualitas air menunjukkan enkapsulasi di Sambarata berhasil mencegah pembentukan AAT, sedangkan metode enkapsulasi di Lati kurang berhasil. Hal ini disebabkan oleh adanya reaksi antara air dan oksigen dengan lapisan PAF membentuk AAT. Lapisan NAF di Lati yang berupa sandstone dengan ukuran butir finevery fine sand yang cenderung meloloskan air, sementara untuk litologi NAF pada daerah Sambarata didominasi oleh mudstone yang relatif kompak, sehingga kemungkinan untuk meloloskan air relatif kecil.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Waterman Sulistyana B Hamzah Umar

Jurnal Geologi Pertambangan adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan ilmiah tentang ilmu-ilmu Geologi maupun Pertambangan hasil dari penelitian maupun konseptual yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Unikarta Tenggarong

Downloads

Published

2015-02-06

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan