KAJIAN GROUND VIBRATION DARI KEGIATAN BLASTING DEKAT KAWASAN PEMUKIMAN UNTUK MENCAPAI KONDISI AMAN DI PENAMBANGAN BATUBARA

Authors

  • Sundoyo Sundoyo

Keywords:

Peledakan, blasting, Ground Vibration, Peak Particle Velocity, scale Distance.

Abstract

Penelitian dilakukan di PT. Cipta Kridatama site PT. Mahakam Sumber Jaya di Pit CO, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Salah satu tahapan penambangan batubara di PT. CK adalah pengupasan lapisan tanah penutup. Kegiatan ini didahului dengan proses pemberaian menggunakan metode pengeboran dan peledakan. Salah satu efek terhadap lingkungan dari kegiatan peledakan yaitu adanya ground vibration.. Pengukuran ground vibration dilakukan untuk mengetahui besarnya nilai peak particle velocity (PPV). Dari data pengukuran ground vibration selama bulan Juni 2014 hingga Juli 2014 dilakukan analisis menggunakan metode statistika regresi power. Hasil analisis adalah persamaan rumus hubungan antara PPV dan scale distance (SD) yaitu PPV = 1897 (SD)-1,6. Dengan lokasi penambangan yang berdekatan dengan kawasan pemukiman jarak yang paling dekat untuk lokasi peledakan selanjutnya adalah 500 meter.

Persamaan rumus hubungan antara PPV dan SD, kemudian digunakan untuk menentukan isian bahan peledak maksimal/delay dan jarak yang aman untuk kegiatan peledakan yang didasarkan dari standar ground vibration PT. CK maksimal 3 mm/s. Dari batasan isian bahan peledak maksimal/delay dan jarak yang aman untuk kegiatan peledakan yang telah ditentukan, didapatkan batasan jarak pengukuran dan isian bahan peledak maksimal/delay, dengan jarak 500 meter didapatkan isian handak 78,84 kg/lubang, dan pada jarak 650 meter dengan isian handak 133,25 kg/lubang.

Hasil analisis yang dilakukan antara batasan jarak dan isian bahan peledak maksimal/delay, serta geometri peledakan (RL. Ash). Dilakukan peledakan pada tanggal 25 Juli 2014 terhadap lokasi pengukuran di rumah penduduk yang paling dekat dengan lokasi penambangan dengan jarak 500 meter, dengan isian handak 78,49 kg/lubang didapatkan nilai PPV sebesar 2,54 mm/s. Pada tanggal 31 juli 2014 dilakukan peledakan terhadap lokasi pengukuran di rumah penduduk yang paling dekat dengan lokasi penambangan dengan jarak 650 meter dengan isian handak 119,211 kg/lubang didapatkan PPV sebesar 2,33 mm/s. Dari hasil kegiatan peledakan yang dilakukan tersebut masih memiliki nilai PPV aktual dibawah standar ground vibration batas maksimal PT. Cipta Kridatama. Sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 7571:2010 dan memiliki ambang batas yang lebih baik dari Standar Nasional Indonesia yang mempunyai batasan 3 mm/s pada bangunan kelas 2 dengan frekuensi 0-5 Hz.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sundoyo Sundoyo

Jurnal Geologi Pertambangan adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan ilmiah tentang ilmu-ilmu Geologi maupun Pertambangan hasil dari penelitian maupun konseptual yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Unikarta Tenggarong

Downloads

Published

2015-02-06

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan