Analisis Stabilitas Lereng Timbunan Pada PT. Globalindo Inti Energi Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur

Authors

  • Sundek Hariyadi dan Yuda

Keywords:

Disposal, slope, properties, factor keamanan, displacement

Abstract

Kondisi actual disposal di sebelah Timur PT. Globalindo Inti Energi berada pada ketinggian60 m. dalam keadaan actual area disposal tersebut telah mengalami pergerakan dan deformasi, akibat dari proses penambangan sehingga perlu dilakukan desain ulang (re-desain) slope disposal. Pengambilan sample dilakukan dengan cara test pit, pemboraninti, dan menggunakan hasil laboratorium geoteknik terdahulu. Dari hasilanalisis didapatkan nilai kohesi dan sudut gesek dalam peak danresidu, berat jenis kering, berat jenis basah, dan berat jenis natural.

Analisis dilakukan dengan properties nilai C (peak) adalah 26.1 kPa, C (residual) 18.4 kPa dan Sudut gesek dalam (peak) adalah 23.3o (residual) adalah 14.7opada kondisi actual didapatkan factor keamanan (FK) sebesar 0.783 dengan total displacement sebesar 10 m. Hasil perhitungan FK dan deformasi padadesainulangdisposal diperolehnilai factor keamanan (FK) adlah 1.264 dan total displacement 0.7 m.

Posisi dan keadaan pengambilan sampel menjadi sangat berpengaru hterhadap nilai properties material disposal. Kondisi air juga berpengaruh terhadap nilai FK dengan dibuktikannya semakin jenuh suatu lereng maka semakin kecil nilai FK. Adanya perbedaan nilai FK analisis di dalam software dengan keadaan pergerakan actual dilapangan menjadi berbeda karena properties yang digunakan dalam software adalah properties intact rock sedangkan pada keadaan aslinya adalah rock mass.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sundek Hariyadi dan Yuda

Jurnal Geologi Pertambangan adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan ilmiah tentang ilmu-ilmu Geologi maupun Pertambangan hasil dari penelitian maupun konseptual yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Unikarta Tenggarong

Downloads

Published

2015-02-06

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan