PERHITUNGAN SUMBERDAYA BATUBARA TERUKUR DENGAN METODE POLIGON BERDASARKAN KLASIFIKASI USGS PADA PT. RAHMAT TEPIAN UTAMA BLOK UTARA DESA MUARA BATUQ KECAMATAN MOOK MANAAR BULATN KABUPATEN KUTAI BARAT PROPINSI KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • Tri Budi Amperadi dan Muhson Efendi

DOI:

https://doi.org/10.53640/jgp.v2i20.205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah penyebaran batubara, mengetahui jumlah seam dan korelasi batubara, serta volume batubara pada PT. Rahmat Tepian Utama Blok Utara, Desa Muara Batuq, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, Kabupaten Kutai Barat, Propinsi Kalimantan Timur.

Singkapan yang di peroleh di daerah penelitian memiliki arah perlapisan  strike/dip N 20°/10° E, dengan tebal batubara 1 m,  tetapi belum ditemukan tanah penutup bagian bawah dari singkapan  batubara. Kemudian dilakukan kegiatan tes pit dengan kedalaman 2,3 m dengan hasil tanah penutup bagian atas batubara (top soil) 1 m, batubara 1,1 m dan tanah penutup bagian bawah batubara sebesar 0,2 m. Dan tahap berikutnya dilakukan pengeboran dengan jumlah 15  titik bor  dengan kedalaman 45 meter per titik bor, diperoleh hasil 1 seam batubara dengan ketebalan antara 0,95 – 1,20 m. Dari data yang diperoleh tersebut dapat dilakukan perhitungan sumberdaya terukur dengan metode poligon menggunakan software minescape   berdasarkan klasifikasi USGS.

Hasil dari penelitian yang dilakukan, ditemukan 1 (satu) seam batubara yaitu Seam A, dengan arah perlapisan batubara ke arah Timur Laut – Tenggara dengan jurus (strike) N 200 E serta kemiringan lapisan (dip) 100. Hasil perhitungan sumberdaya batubara terukur dengan metode poligon menggunakan software minescape pada seam A diperoleh volume batubara sebesar  782.003,288 MT.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tri Budi Amperadi dan Muhson Efendi

Jurnal Geologi Pertambangan adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan ilmiah tentang ilmu-ilmu Geologi maupun Pertambangan hasil dari penelitian maupun konseptual yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Unikarta Tenggarong

Downloads

Published

2016-12-09

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan