Perancangan Ultimate Pit Limit Design pada area penambangan Blok 196 PT. Globalindo Inti Energi Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara

Authors

  • Edy Jaya Universitas Kutai Kartanegara
  • Sundek Hariyadi Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.53640/jgp.v29i2.1372

Abstract

Abstrak

Maksud dari penelitian ini adalah untuk membuat beberapa rancangan tambang berdasarkan nilai nisbah kupas (stripping ratio) yang telah dioptimalisasi. Dan tujuan dari penelitian ini adalah menentukan batas penambangan terluar (ultimate pit limit) dari beberapa rencana pit penambangan berdasarkahan hasil optimasi sesuai dengan nisbah kupas (stripping ratio) dan perhitungan paling ekonomis.

Data teknis (data survey, model geologi dan data geoteknik) serta model ekonomi merupakan dua variabel penting dalam upaya optimalisasi pit dan penentuan ultimate pit limit (batas akhir penambangan). Penelitian ini akan menjelaskan model optimalisasi pit dengan filosofi metode penambahan ekspansi pit dan kajian ekonomi perusahaan sehingga diharapkan dapat menjadi acuan dalam membuat dan menentukan ultimate pit limit yang paling optimal untuk diterapkan pada rencana area penambangan block 196 PT. Globalindo Inti Energy. Hasil optimalisasi pit dengan menggunakan metode resgraphyc dengan menggunakan perangkat lunak Minescape yang dilakukan berdasarkan data teknis (survey,geologi dan geotek) didapatkan beberapa pilihan desain pit diantaranya Pit SR5, SR6, SR7, SR8 dan SR9 kemudian setelah dilakukan pendekatan kajian ekonomi, didapatkan bahwa desain yang paling ekonomis adalah desain dengan SR 8 dengan cadangan batubara sebesar 941.424,69 MT dengan profit margin sebesar 1.59 Juta USD.

 

Kata Kunci:  Stripping Ratio, Ultimate Pit Limit, Metode Penambahan Ekspansi Pit,   

                     Kajian Ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2023-08-23

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan