KAJIAN STABILITAS LERENG TIMBUNAN PADA PT. KAYAN KALTARA COAL JOB SITE PT. NATA ENERGI RESOURSES KABUPATEN BULUNGAN PROPINSI KALIMANTAN UTARA

Authors

  • Sundek Hariyadi

DOI:

https://doi.org/10.53640/jgp.v1i19.134

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kesetabilan lereng timbunan  terhadap kestabilan lereng, sehingga dapat mengetahui stabil atau tidaknya suatu lereng yang ditampilkan dalam bentuk nilai faktor keamanan. Tahapan dari proses analisis kestabilan lereng ini dilakukan dengan menggunakan metode Fellenius, yang dalam proses analisisnya menggunakan software Slide dan Phase2.

 Parameter yang di gunakan yaitu sudut geser dalam Unit weight, Kohesi dan berat jenis tanah . Berdasarkan hasil analisis dengan metode Fellenius tersebut diperoleh nilai faktor keamanan yang termasuk kedalam lereng stabil yaitu lereng 1 pada batupasir, lempung, dan composit  dengan geometri lerengnya sudut 45°, berm 8, tinggi 10 dengan nilai FK 1.469 (pasir), FK 2.449 (lempung), FK 1.492  (composite).

Dari data yang di peroleh dari setiap lereng maka untuk nilai dari kesetabilan lereng dengan nilai FK rata-rata di atas dari 1.4 maka dapat di simpulkan bahwa nilai FK dari nilai kesetabilan lereng di katakan dalam kondisi aman atau stabil. Jarak muka air tanah terhadap bidang dasar kelongosoran juga dapat mempengaruhi kestabilan suatu lereng, semakin jauh jarak muka air tanah terhadap bidang dasar kelongsoran dan semakin dekat jarak muka air tanah terhadap tanah permukaan lereng , maka semakin kecil nilai faktor keamanannya. Begitu pula sebaliknya semakin dekat jarak muka air tanah terhadap bidang dasar kelongsoran dan semakin jauh jarak dari permukaan lereng, maka semakin besar nilai faktor keamanannya.

Kata Kunci : Kestabilan lereng, faktor keamanan, muka air tanah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sundek Hariyadi

 Jurnal Geologi Pertambangan adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan ilmiah tentang ilmu-ilmu Geologi maupun Pertambangan hasil dari penelitian maupun konseptual yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Unikarta Tenggarong

Downloads

Published

2016-09-08

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan