Evaluasi Keberhasilan Tanaman Revegetasi Lahan Pasca Tambang CV. Indra Berjaya Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur

Authors

  • Sujiman Universitas Kutai Kartanegara
  • Jhans Deolar Selong Universitas Kutai Kartanegara
  • Yustina Hong Lawing

DOI:

https://doi.org/10.53640/jgp.v29i1.1174

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tahapan revegetasi lahan bekas tambang, mengetahui rencana serta realisasi revegetasi, dan mengetahui tingkat keberhasilan revegetasi. Metode yang diterapkan pada penulisan penelitian ini yaitu terdiri dari beberapa tahapan.

Tahap pertama persiapan, tahap dua pengambilan data baik data primer meliputi mengetahui tahapan revegetasi, mengetahui rencana dan realisasi revegetasi, mendata pertumbuhan tanaman yaitu tinggi, diameter, serta persentase tumbuh tanaman, dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber yaitu studi literatur, jurnal, makalah, laporan penelitian sebelumnya, kemudian data sekunder juga didapat dari perusahaan tempat penelitian yaitu CV. Indra Berjaya Site Anggana data-data tersebut meliputi peta lokasi penelitian, Peta IUP OP Perusahaan, Geologi, Topografi dan Litologi, Data curah hujan, Kondisi Tanah sekitar lokasi penelitian, Jenis Tanaman yang di tanam. Tahap terakhir yaitu pengolahan data dan hasil.

Hasil penelitian didapatkan tingkat keberhasilan dari revegetasi di CV. Indra Berjaya Site Anggana khususnya pada Seam 22 R07 yaitu tingkat pertumbuhan rata – rata untuk Plot Penelitian (PP) I jenis tanaman johar tinggi 4,61 cm, diameter 0,05 cm. tanaman trembesi tinggi 5,85 cm, diameter 0,09 cm dengan periode tanam satu bulan. Untuk Plot Penelitian (PP) II dengan periode tanam 1 bulan 2 minggu jenis tanaman johar tinggi 6,04 cm, diameter 0,35 cm. Kemudian persentase tumbuhan tanaman pada Plot Penelitian (PP) I dan PP II yaitu mencapai 96,79%. Berdasarkan indikator tingkat keberhasilan persentase pertumbuhan tanaman yang mengacu pada Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P.04/Menhut-II/2011 tentang Pedoman Reklamasi Hutan dan Permen ESDM Nomor 07 Tahun 2014 tentang Reklamasi dan Pascatambang maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan revegetasi pada CV. Indra Berjaya Site Anggana dikategorikan Berhasil.

 

Kata Kunci: Revegetasi, Reklamasi, Pascatambang, Keberhasilan pertumbuhan tanaman, Tambang batubara

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2023-02-10

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan