Evaluasi Tingkat Keberhasilan Revegetasi Lahan Bekas Tambang Di PT. Raja Kutai Baru Makmur Desa Badak Baru, Kec. Muara Badak Kab. Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur

Authors

  • Islahul Fahmi Universitas Kutai Kartanegara
  • Yustina Hong Lawing Universitas Kutai Kartanegara
  • Mulyono Dwiantoro Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.53640/jgp.v28i2.1076

Abstract

ABSTRAK

Sumber daya alam yang meliputi vegetasi, tanah, air dan kekayaan alam yang   terkandung   di   dalamnya   merupakan   salah   satu   modal   dasar   dalam pembangunan nasional. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tahapan kegiatan reklamasi dan menghitung tingkat keberhasilan revegetasi lahan bekas tambang.

Metodelogi pada penelitian dilakukan suatu pengamatan atau penelitian untuk mendapatkan keterangan dan gambaran yang jelas terhadap suatu persoalan yang berkaitan dengan kegiatan reklamasi lahan.

Hasil uraian pengamatan langsung dilapangan serta data-data laporan reklamasi. Kriteria keberhasilan  reklamasi PT. Raja Kutai Baru Makmur  tersebut tentunya akan direalisasikan berdasarkan ketentuan yang berlaku dan kebutuhan semua pihak. Adapun hasil kegiatan ialah tekstur tanah termasuk dalam kelas tekstur pasir berlempung dan lempung berpasir, pH tanah berkisar antara 4,26 - 4,63 yaitu sangat masam sampai masam, Sehingga dibutuhkan kapur pertanian sebanyak 2 ton/hektar. Jumlah tanaman yang ditanam adalah 199.569 pohon dengan jarak 4 x 4 meter pada luasan 290,07 Ha. Dengan jenis tanaman yaitu sengon dan trembesi. Dari keseluruhan tanaman yang ditanam terdapat 18.275 tanaman yang mati sehingga tanaman yang hidup berjumlah 181.294 pohon. Kegiatan reklamasi di PT. Raja Kutai Baru Makmur termasuk dalam klasifikasi tinggi dengan presentase tumbuh tanaman mencapai 90,85 % dari total keseluruhan persen tumbuh revegetasi lahan.

Kata Kunci : Tingkat Keberhasilan Revegetasi Lahan Bekas Penambangan Batubara.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2022-08-12

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan