Analisis Perbandingan Persepsi Konsumen Pengguna E-Wallet (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara)
DOI:
https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1409Kata Kunci:
Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi KeamananAbstrak
Kemajuan teknologi di bidang keuangan industri dapat dilihat dari adanya pembayaran elektronik yaitu dompet elektronik (e-wallet). Produk e-wallet yang saat ini terkenal dan banyak digunakan di mahasiswa adalah DANA atau Go-Pay, oleh karena itu penelitian ini menggunakan 4 variabel mengukur persepsi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan persepsi konsumen pengguna E-wallet pada pengguna aplikasi DANA atau Go-Pay pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara. Metode penelitian ini menggunakan sampling insidential sebanyak 60 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Mann Whitney U- test non parametris yang digunakan untuk mengetahui perbedaan median -median kelompok pada E-wallet DANA atau Go-Pay. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) terdapat perbedaan persepsi konsumen yang signifikan mengenai elemen persepsi manfaat pada pengguna e-wallet DANA atau Go-Pay (2) tidak ada perbedaan persepsi konsumen yang signifikan mengenai elemen persepsi kemudahan penggunaan pada pengguna e-wallet DANA atau Go-Pay (3) tidak ada perbedaan persepsi konsumen yang signifikan mengenai elemen persepsi kepercayaan pada pengguna e-wallet DANA atau Go-Pay (4) tidak ada perbedaan persepsi konsumen yang signifikan mengenai elemen persepsi keamanan pada pengguna e-wallet DANA atau Go-Pay.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yonathan Palinggi, Eva Tantiana, Erwinsyah Erwinsyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.