Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Return On Investment Dengan Metode Du Pont Pada Koperasi Tirta Mahakam Cabang Tenggarong

Authors

  • Nur Annisa
  • Yonathan Palinggi
  • Kartina Eka Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v20i1.760

Abstract

Analisis keuangan dengan menggunakan Du Pont System sebagai dasar dalam menilai kinerja keuangan pada Koperasi Tirta Mahakam Cabang Tenggarong, Du Pont System merupakan alat ukur kinerja keuangan yang menyeluruh, karena mampu secara langsung menguraikan dua laporan pokok dari laporan keuangan Neraca dan Laba Rugi. Dengan analisisi Du Pont System ini dapat menjelaskan bagaimana kinerja keuangan perusahaan dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan dan penurunan kinerja perusahaan. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti bagaimana kinerja keuangan Koperasi Tirta Mahakam Cabang Tenggarong dan faktor-faktor yang menyebabkan kecenderungan penurunan Return On Investment (ROI), dan Net Profit Margin (NPM), dan Total Asset TurnOver (TATO). Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah menunjukankan kinerja keuanagn Koperasi Tirta Mahakam Cabang Tenggarong yang dihitung dengan menggunakan analisis Du Pont System belum cukup baik, karena nilai ROI yang mengalami penurunan pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2016. Hal ini disebabkan karena penurunan nilai Laba Bersih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hani, Syafrida. 2015, Teknik Analisa Laporan Keuangan, UMSU PRESS, Medan.

Fahmi, Irham. 2014, Analisis Laporan Keuangan, Alfabeta, Bandung.

Harahap, Sofyan, Syafri. 2006, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Edisi Kesatu, Cetakan Ketiga, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Martono dan Agus Harjito. 2014, Manajemen Keuangan, Edisi Kedua, Cetakan Keempat, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta.

Sawir, Agnes. 2005, Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Cetakan Kelima, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sutrisno. 2009, Pengantar Manajemen, Cetakan Pertama, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Syamsudin, Lukman. 2009, Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Baru, Cetakan Sembilan, PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Annisa, N., Palinggi, Y., & Ningsih, K. E. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Return On Investment Dengan Metode Du Pont Pada Koperasi Tirta Mahakam Cabang Tenggarong. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 20(1). https://doi.org/10.53640/jemi.v20i1.760

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>