Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Masyarakat Dalam Pembayaran Non Tunai Di Trans Batam
DOI:
https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1363Kata Kunci:
Minat Masyarakat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi ResikoAbstrak
Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan persepsi resiko terhadap minat masyarakat dalam menggunakan pembayaran non tunai di layanan transportasi Trans Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan pengguna layanan Trans Batam. Populasi yang diambil pada kelompok masyarakat yang memanfaatkan layanan Transportasi Trans Batam pada bulan Mei 2023, dengan jumlah total penumpang sebanyak 93.063 orang. Ukuran sampel melalui Slovin pada hasil perhitungan 100 responden dalam pendekatan simple random sampling. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil pada uji t menyatakan bahwasanya kemudahan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat dalam pembayaran non tunai di Trans Batam. Persepsi manfaat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat dalam pembayaran non tunai di Trans Batam. Persepsi resiko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat dalam pembayaran non tunai di Trans Batam. Hasil dari uji f menunjukkan persepsi kemudahan, persepsi manfaat serta persepsi resiko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat dalam pembayaran non tunai di Trans Batam
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tiara Mauliza, Tiurniari Purba
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.