Pengaruh Customer Review, Customer Rating Dan Konten Marketing Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Tiktok Shop Kota Batam

Authors

  • Renita Gultom Universitas Putera Batam
  • M Khoiri Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1438

Keywords:

Customer Rating, Customer Review, Konten Marketing, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh antara customer review, customer rating dan konten marketing terhadap minat beli produk fashion di TikTok shop Kota Batam. Kelompok yang menjadi fokus penelitian ini adalah individu yang menjadi konsumen yang telah melakukan pembelian produk fashion TikTok shop di Kota Batam selama tahun 2023 yang tidak dapat dipastikan jumlahnya. Teknik penariksan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Jacob Cohen yang menghasilkan 204 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Langkah analisis data melibatkan proses regresi linier berganda yang meliputi serangkaian tahap, termasuk uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.  Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa customer review memiliki pengaruh sebesar 26,9% terhadap minat beli. Customer rating memiliki pengaruh sebesar 18,0% terhadap minat beli. Konten marketing memiliki pengaruh sebesar 13,4% terhadap minat beli. Analisis koefisien determinasi (R2) yang ditemukan menegaskan bahwa secara keseluruhan, customer review, customer rating dan konten marketing mampu menjelaskan sebanyak 30,4% variasi dalam minat beli. Lebih jauh, hasil dari uji t dan uji F menegaskan bahwa customer review, customer rating dan konten marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat beli produk fashion di TikTok shop Kota Batam

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-23

How to Cite

Renita Gultom, & M Khoiri. (2023). Pengaruh Customer Review, Customer Rating Dan Konten Marketing Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Tiktok Shop Kota Batam. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 23(2), 72–83. https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1438

Issue

Section

Articles