Pengaruh Kualitas Jaringan, Direct Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Modem Orbit Di Telkomsel Batam

Authors

  • Natalia Br Sembiring Universitas Putera Batam
  • Tiurniari Purba Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1691

Keywords:

Direct Marketing, Keputusan Pembelian, Kualitas Jaringan Kualitas Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas jaringan, direct marketing, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian modem Orbit di Telkomsel Batam. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif yang dipandukan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diteliti terdiri dari 332 konsumen berdasarkan data jumlah konsumen yang menggunakan modem orbit Telkomsel Batam pada bulan Desember 2023. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan menghasilkan 181 responden yang ditarik didasari simple random sampling. Metode analisis data menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Temuan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas jaringan berkontribusi  sebesar 31,5% dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Direct marketing berkontribusi  sebesar 32,1% dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Kualitas produk berkontribusi  sebesar 16,2% dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kombinasi kualitas jaringan, direct marketing, dan kualitas produk sebesar 71,9%. Hasil uji t dan uji F mengungkapkan bahwa kualitas jaringan, direct marketing, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan dalam mempengaruh keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-25

How to Cite

Natalia Br Sembiring, & Tiurniari Purba. (2024). Pengaruh Kualitas Jaringan, Direct Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Modem Orbit Di Telkomsel Batam. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 24(2), 55–67. https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1691

Issue

Section

Articles