STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR DI TENGGARONG
Kata Kunci:
strategi guru, kemampuan membaca, siswa kelas rendahAbstrak
Adanya strategi guru dalam mengembangkan kemampuan membaca pada siswa kelas
rendah sekolah dasar sangat dibutuhkan dikarenakan membaca adalaha inti dari semua
pembelajaran, apabila ditemukan siswa yang masih berkesulitan membaca maka
pembelajaran di dalam kelas tidak bisa dilanjutkan karena pelajaran yang lainpun akan
terhambat dalam hal pemahaman pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif kualitatif, tehnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, hasil penelitian
ditemukan bahwa strategi guru dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas
rendah sekolah dasar di Tenggarong adalah dengan penggunaan kartu huruf, buku cerita
bergambar, nyanyian, dan dilakukan dengan cara bermain. Faktor pendukung adalah pihak
sekolah yaitu kepala sekolah dengan menyediakan media atau alat pembelajaran
membaca, faktor penghambat adalah siswa yang kurang fokus, suasana yang tidak
kondusif, dan kurangnya dukungan dari orangtua siswa.
Unduhan
Referensi
Ahmadi, Abu, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2014
Akhadiah, Sabarti, Maidah G. Arsjad, Sakura H. Ridwan, Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga 2017.
Baharuddin, Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.
Blum, Gerald S, Psychoanalytic Theories of Personality, New York: Mc Graw Hill Book, revision edition 2017
Brewer, J, 2016 Introduction to Early Chidhood Education, Seven edition New Jersey: Pearson, 2016
Bromley, The Psychology of Character, ( London: Routlege & Kegan Paul) Ltd
Departemen agama RI, Al-qur’an dan terjemahan,Bandung, 2015, syamil https://kalam.sindonews.com
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2021.
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016
Destian, Ilman Hanafi, Strategi dan Tantangan Guru Dalam meningkatkan Kemampuan membaca Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Bawu Kabupaten Jepara, (Tesis Universitas Nahdhatul Ulama Jepara, Indonesia) 2021, https://qword.com.
Dhieni, Nurbiana, Lara Fridani, Gusti Yarmi, & Nany Kusniaty, Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: Universitas Terbuka. 2018
Ditjen PAUDNI-Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Alasan Penyebab Anak TK PAUD Dilarang belajar Calistung,” http://tiniberit.blogspot.com
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2021
Dwi Saputri, Rima 2019, Strategi Guru dalam meningkatkan kemampuan Membaca Bagi Siswa yang Berkesulitan Membaca pada Kelas Rendah di MI Walisongo Keranji 02 Pekalongan, (Tesis Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, jurusan Pendidikan Guru-Guru Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan), http://qword.com
E, Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, cetakan 15, Bandung: PT. Remaja Rosadakarya, 2017
Hamruni, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta:Insan Madani, 2012
Indrawati, Rika, dan Rosi Rosmala dewi, Super Coach Pola Belajar Siswa mandiri, Gramedia Asri media, 2012.
Irhandayaningsih, Ana, Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini, Jurnal Fakultas Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro Tembalang Semarang, http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva
J. Moleong, Lexy, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016
Lestari, Ika, Analisis Awal Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS-vol.13 No.2, Desember 2018, https://sevima.com.
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Jakarta : Pustaka Pelajar, 2015.
Meliza, Adnan, Intan Safiah, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Kelas Rendah Gugus Inti Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, No. 2, Oktober, I, 2016, 18, pada https://ucy.ac.id.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 tahun 2014, Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Mursid, Belajar dan Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017
Musfiroh, Tadkiroatun, Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidkan Nasional, Direktorat Jendral Perguruan Tinggi, Pembinaan Pendidikan. Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2012
Nivitrie, Viesta, S.Pd, 2019 Meningkatkan kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita di Raudhatul Athfal (RA) Perwanida Al-Ikhlas Samarinda ( Tesis Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Samarinda).
Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian Pembelajaran Bahasa, Edisi kedua, Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
Olivia,Femi dan Lita Ariani, Belajar Membaca yang Menyenangkan untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Elex Media Komputindo.2019
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 mutmainnah mutmainnah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.