Peer Review Process
Proses Peer Review Jurnal "Jurnal Benua Etam Ramah Anak Usia Dini":
1. Penyerahan Naskah: Penulis mengajukan naskahnya melalui platform online jurnal, menyertakan informasi lengkap dan dokumen pendukung yang diperlukan.
2. Peninjauan Pendahuluan: Editor pertama meninjau naskah untuk memastikan kesesuaian dengan pedoman penulisan dan ruang lingkup jurnal. Jika naskah memenuhi kriteria awal, langkah berikutnya akan dilanjutkan.
3. Peninjauan Awal (Desk Review): Naskah kemudian diserahkan kepada seorang atau lebih editor yang memiliki keahlian di bidang terkait. Editor melakukan peninjauan awal untuk menilai kualitas, metode penelitian, dan kesesuaian dengan fokus dan ruang lingkup jurnal.
4. Seleksi Reviewer: Jika naskah lolos peninjauan awal, editor menunjuk reviewer yang ahli di bidang yang sesuai. Reviewer adalah pakar independen yang memberikan masukan dan evaluasi mendalam terhadap naskah.
5. Proses Peer Review: Reviewer menyelidiki naskah secara menyeluruh dan memberikan umpan balik konstruktif mengenai metodologi, analisis data, interpretasi hasil, dan kejelasan penulisan. Peer review bersifat ganda buta, di mana identitas penulis dan reviewer dirahasiakan.
6. Keputusan Editor: Berdasarkan hasil review, editor membuat keputusan mengenai kelanjutan naskah. Keputusan dapat berupa diterima tanpa revisi, revisi minor, revisi besar, atau ditolak. Keputusan tersebut disampaikan kepada penulis bersama dengan umpan balik reviewer.
7. Revisi dan Pengiriman Kembali: Jika revisi diperlukan, penulis diminta untuk mengoreksi dan memperbaiki naskah sesuai dengan saran reviewer. Naskah yang telah direvisi kemudian diajukan kembali melalui sistem jurnal.
8. Finalisasi dan Publikasi: Setelah naskah memenuhi standar yang ditetapkan, editor melakukan peninjauan akhir untuk memastikan semua revisi telah diintegrasikan. Naskah kemudian siap untuk dipublikasikan.
Transparansi dan Integritas: "Jurnal Benua Etam Ramah Anak Usia Dini" mengedepankan transparansi dan integritas dalam proses peer review. Keputusan editorial didasarkan pada evaluasi obyektif dan mempertimbangkan kontribusi intelektual serta etika penelitian.
Proses peer review ini dirancang untuk memastikan bahwa setiap artikel yang diterbitkan memenuhi standar keunggulan ilmiah dan memberikan kontribusi yang berharga dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini.