STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR DI TENGGARONG

Authors

  • mutmainnah mutmainnah Universitas Kutai Kartanegara

Keywords:

teacher strategy, reading ability, low grade student

Abstract

The existence of teacher strategy in developing reading skills in low-grade elementary school students is needed because reading is the core and all learning, if students are found who still have reading difficulties then learning in class cannot be continued because other lessons will be hampered in terms of understanding learning in class. This research uses descriptive qualitatif research, data collection techniques by observation, interviews, and documentation. Analysis of the data using the Miles and Huberman model, the result of the study found that the teacher strategy in developing the reading ability of lower grade elementary school students in Tenggarong was by using letter cards, picture story books, singing and played by playing. The supporting factor is the school namely the principal  by providing media or reading learning tools, the inhibiting factors are students who are  less focused, the atmosphere is not conducive and the lack of support and parents of students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2014

Akhadiah, Sabarti, Maidah G. Arsjad, Sakura H. Ridwan, Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga 2017.

Baharuddin, Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Blum, Gerald S, Psychoanalytic Theories of Personality, New York: Mc Graw Hill Book, revision edition 2017

Brewer, J, 2016 Introduction to Early Chidhood Education, Seven edition New Jersey: Pearson, 2016

Bromley, The Psychology of Character, ( London: Routlege & Kegan Paul) Ltd

Departemen agama RI, Al-qur’an dan terjemahan,Bandung, 2015, syamil https://kalam.sindonews.com

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2021.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016

Destian, Ilman Hanafi, Strategi dan Tantangan Guru Dalam meningkatkan Kemampuan membaca Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Bawu Kabupaten Jepara, (Tesis Universitas Nahdhatul Ulama Jepara, Indonesia) 2021, https://qword.com.

Dhieni, Nurbiana, Lara Fridani, Gusti Yarmi, & Nany Kusniaty, Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: Universitas Terbuka. 2018

Ditjen PAUDNI-Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Alasan Penyebab Anak TK PAUD Dilarang belajar Calistung,” http://tiniberit.blogspot.com

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2021

Dwi Saputri, Rima 2019, Strategi Guru dalam meningkatkan kemampuan Membaca Bagi Siswa yang Berkesulitan Membaca pada Kelas Rendah di MI Walisongo Keranji 02 Pekalongan, (Tesis Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, jurusan Pendidikan Guru-Guru Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan), http://qword.com

E, Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, cetakan 15, Bandung: PT. Remaja Rosadakarya, 2017

Hamruni, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta:Insan Madani, 2012

Indrawati, Rika, dan Rosi Rosmala dewi, Super Coach Pola Belajar Siswa mandiri, Gramedia Asri media, 2012.

Irhandayaningsih, Ana, Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini, Jurnal Fakultas Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro Tembalang Semarang, http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva

J. Moleong, Lexy, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016

Lestari, Ika, Analisis Awal Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS-vol.13 No.2, Desember 2018, https://sevima.com.

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Jakarta : Pustaka Pelajar, 2015.

Meliza, Adnan, Intan Safiah, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Kelas Rendah Gugus Inti Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, No. 2, Oktober, I, 2016, 18, pada https://ucy.ac.id.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 tahun 2014, Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Mursid, Belajar dan Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017

Musfiroh, Tadkiroatun, Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidkan Nasional, Direktorat Jendral Perguruan Tinggi, Pembinaan Pendidikan. Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2012

Nivitrie, Viesta, S.Pd, 2019 Meningkatkan kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita di Raudhatul Athfal (RA) Perwanida Al-Ikhlas Samarinda ( Tesis Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Samarinda).

Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian Pembelajaran Bahasa, Edisi kedua, Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Olivia,Femi dan Lita Ariani, Belajar Membaca yang Menyenangkan untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Elex Media Komputindo.2019

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

mutmainnah, mutmainnah. (2023). STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR DI TENGGARONG. Jurnal Benua Etam Ramah Anak Usia Dini, 1(1), 9–16. Retrieved from https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/beraksi/article/view/1499