MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK DI RUMAH BELAJAR KAROMAH KECAMATAN SAMARINDA UTARA

Penulis

  • Universitas Kutai Kartanegara

Kata Kunci:

kemampuan membaca, media gambar, anak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan membaca anak di Rumah Belajar Karomah di Kecamatan Samarinda Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Tindakan  Kelas  dengan  teknik analisis  data  kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah anak-anak yang belajar di Rumah Belajar Karomah berjumlah  15  orang.  Hasil  analisis  data menunjukkan  bahwa  penggunaan media  gambar dapat (1) meningkatkan keterampilan membaca  anak, (2) membuat  kegiatan  pembelajaran  lebih aktif  dan menyenang, (3) keterampilan membaca anak setelah  siklus  kedua meningkat dengan  persentasi 93,33%.  Berdasarkan  hasil  penelitian dapat  disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca anak di Rumah Belajar Karomah di Kecamatan Samarinda Utara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

Depdiknas (2007). Permainan Membaca dan Menulis Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas

Khery, Y., & Khaeruman. (2016). Pengaruh Context-Rich Problems Berbentuk Multimedia Interaktif terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Pemahaman Konsep. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(2), 83-93. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i2.1151 gh

Marwatoen, F. (2015). Pengaruh Media Presentasi dan Komik dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Anak. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 71-79. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i2.976

Oktarini, D., Jamaluddin, & Bachtiar, I. (2014). Efektivitas media animasi terhadap hasil belajar biologi anak SMPN 2 Kediri. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 2(1), 1-7.

Sarianingsih, N., K., Y. Nurhidayati, S., & Samsuri, T. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran prediction guide berbantuan mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif anak kelas VII SD SMP Negeri Satap 2 Lingsar. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(1), 27-37. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i2.976

Sunarti. (2017). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Hand Out dan Peta Konsep untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Anak. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 5(1), 8-14. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i1.1154

Susilo, T., A. (2011). Belajar Calistung Itu Asyik. Yogyakarta: Javalitera

Tolga, G.O.K. (2011). The effects of the computer simulations on students’ learning in physics education. International Journal on New Trends in Education and their Implications, 2(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Riana, L. W. (2023). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK DI RUMAH BELAJAR KAROMAH KECAMATAN SAMARINDA UTARA. Jurnal Benua Etam Ramah Anak Usia Dini, 1(1), 1–8. Diambil dari https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/beraksi/article/view/1498

Terbitan

Bagian

Articles