MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK DI RUMAH BELAJAR KAROMAH KECAMATAN SAMARINDA UTARA
Kata Kunci:
kemampuan membaca, media gambar, anakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan membaca anak di Rumah Belajar Karomah di Kecamatan Samarinda Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Tindakan Kelas dengan teknik analisis data kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah anak-anak yang belajar di Rumah Belajar Karomah berjumlah 15 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat (1) meningkatkan keterampilan membaca anak, (2) membuat kegiatan pembelajaran lebih aktif dan menyenang, (3) keterampilan membaca anak setelah siklus kedua meningkat dengan persentasi 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca anak di Rumah Belajar Karomah di Kecamatan Samarinda Utara.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.
Depdiknas (2007). Permainan Membaca dan Menulis Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas
Khery, Y., & Khaeruman. (2016). Pengaruh Context-Rich Problems Berbentuk Multimedia Interaktif terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Pemahaman Konsep. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(2), 83-93. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i2.1151 gh
Marwatoen, F. (2015). Pengaruh Media Presentasi dan Komik dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Anak. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 71-79. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i2.976
Oktarini, D., Jamaluddin, & Bachtiar, I. (2014). Efektivitas media animasi terhadap hasil belajar biologi anak SMPN 2 Kediri. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 2(1), 1-7.
Sarianingsih, N., K., Y. Nurhidayati, S., & Samsuri, T. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran prediction guide berbantuan mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif anak kelas VII SD SMP Negeri Satap 2 Lingsar. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(1), 27-37. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i2.976
Sunarti. (2017). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Hand Out dan Peta Konsep untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Anak. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 5(1), 8-14. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v5i1.1154
Susilo, T., A. (2011). Belajar Calistung Itu Asyik. Yogyakarta: Javalitera
Tolga, G.O.K. (2011). The effects of the computer simulations on students’ learning in physics education. International Journal on New Trends in Education and their Implications, 2(1).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Linda Wulan Riana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.