ANALISIS USAHATANI JAGUNG HIBRIDA PADA LAHAN TADAH HUJAN DI KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Arista Damayanti

Keywords:

Analisis usaha, jagung pipilan, lahan tadah hujan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis usahatani jagung pada lahan tadah hujan di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga September 2019. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu penelitan dengan cara mendeskripsikan keadaan di lapangan dari sejumlah individu yang di wawancara secara langsung. yang dijadikan sampel dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi usahatani jagung hibrida di Kecamatan Muara Badak berjalan dengan baik dimana sudah dapat memberikan keuntungan dimana  nilai R/C ratio >1 yaitu sebesar 1,4. Kendala yang dihadapi adalah tingkat produktivitas yang rendah akibat lahan tadah hujan yang mengalami kekeringan dimusim kemarau dan kurangnya penguasaan petani terhadap teknik budidaya serta pemasaran sehingga keuntungan yang didapat masih rendah.

References

Boediono. 2002. Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1 Ekonomi Mikro. BPEE. Yogyakarta.

Daniel, Moehar. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta.

Firdaus, M. 2012. Manajemen Agribisnis Ed.1 Cet 4. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Makeham dan Malcolm. 1986. The Economics of Tropical Farm Management. Cambridge University Press London. LP3ES. Jakarta.

Nazir, Moh. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prihartanto. 2009. Dampak Program Pengembangan Agribisnis Perdesaan Terhadap Kinerja Gapoktan dan Pendapatan Anggota Gapoktan di Kecamatan Bram Itam dan Kecamatan Seberang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Skripsi. Fakultas Pertanian IPB. Bogor.

Rosyidi, S. 2009. Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sukirno, S. 2005. Makro ekonomi Teori pengantar edisi 3. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani Edisi revisi. Cibubur, Jakarta Utara: Penebar swadaya.

Tim penulis ps. 2007. Agribisnis perikanana, edisi revisi. Jakarta. Penebar Swadaya.

Yuliawan, 2019. Kaltim Targetkan Swasembada Jagung Tahun Ini,.Pos kaltim.https://poskaltim.com/kaltim-target-swasembada-jagung-tahun-ini/

Downloads

Published

2019-10-30

Issue

Section

Articles