Program Pengembangan Pemerdayaan UMKM Tusuk Sate Desa Benua Baru Kecamatan Kota Bangun Darat

Penulis

  • sintia_090908 sintia Universitas Kutai Kartanegara
  • Johansyah Johansyah Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Kartika Puspandari Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Jamiati Syahadah Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Riya Natalia Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Michell Aulia Noviany Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Muhammad Firdaus Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Muhammad Rizky Ramadhan Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Muhammad Rafly Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Riska Ramuna Chairun Nisa Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

Kata Kunci:

Pengembangan, Pemberdayaan, UMKM, Tusuk Sate

Abstrak

Program Desa Benua Baru di Kecamatan Kota Bangun Darat memiliki potensi alam yang melimpah, terutama dalam hal ketersediaan bahan baku bambu. Bambu, sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui, memberikan peluang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Salah satu produk yang dapat dihasilkan dari bambu adalah tusuk sate, yang telah menjadi komoditas penting bagi sekitar 50% dari 120 keluarga yang tinggal di desa ini. Produk tusuk sate ini tidak hanya memiliki nilai ekonomi tetapi juga merupakan bagian dari upaya pengembangan potensi usaha desa. Namun, meskipun memiliki potensi yang besar, para pengrajin tusuk sate di Desa Benua Baru menghadapi kendala dalam segi pemasaran. Dalam pendekatan ini, kami mengadakan penyuluhan untuk mengenalkan beberapa strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh warga untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tusuk sate di Desa Benua Baru. Strategi yang dimaksud adalah pendekatan 3P, yang mencakup Produksi, Pengemasan, dan Pemasaran.

Referensi

A. Wulan, “Peran Desain Vernakular dalam Pelestarian Budaya Lokal di Indonesia,” Circ. Arch., vol. 1, no. 6, 2024.

R. Reynilda, A. Azhari, M. Maryadi, M. Idris, and A. Asri, “PEMBANGUNAN EKONOMI KREATIF BERBASIS INLKUSIF,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 8, no. 3, pp. 3174–3185, 2024.

R. P. Dewi and F. Fransiska, “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Restoran Zushioda Cirebon,” J. Inov. Penelit., vol. 4, no. 3, pp. 781–792, 2023.

J. Julyanthry et al., “Manajemen Produksi dan Operasi.” Yayasan Kita Menulis, 2020.

R. M. ALFI, A. SUGIHARTO, M. HARYANTI, and B. YULIANTI, “Perancangan Sistem Packing Beras Otomatis Menggunakan Arduino Uno,” J. Tek. Ind., vol. 9, no. 2, 2021.

P. S. Wibowo, “Strategi komunikasi pemasaran sharp indonesia di era pandemi covid-19 dan kenormalan baru,” J. Komun. Prof., vol. 5, no. 1, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-23

Cara Mengutip

sintia, S., Johansyah, J., Puspandari, K., Syahadah, J., Natalia, R., Noviany, M. A. ., Firdaus, M., Ramadhan, M. R., Rafly, M., & Nisa, R. R. C. . (2024). Program Pengembangan Pemerdayaan UMKM Tusuk Sate Desa Benua Baru Kecamatan Kota Bangun Darat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Unikarta, 1(2), 23–30. Diambil dari https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/jpmu/article/view/1630

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama