Membangun Generasi Sehat dan Cerdas dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Negeri 011 Kota Bangun Desa Pela Kecamatan Kota Bangun

Penulis

  • Yuliani Ramadhani Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Lukman Lukman Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Real Cipta Mahmuda Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Nirana Mustika Sari Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Julia Nisa Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Muhammad Fajar Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Mohd. Rulwanda Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Elia Nuriani Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Dwi Wahyuni Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Merdi Handayani Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

Kata Kunci:

Generasi Sehat, Generasi Cerdas, Pendidikan, Pengetahuan, Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membangun generasi sehat dan cerdas melalui peningkatan pengetahuan siswa di Sekolah Dasar Negeri 011 Kota Bangun Desa Pela. Fokus utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi metode dan strategi efektif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini mengevaluasi program-program pendidikan yang ada serta kondisi kesehatan siswa untuk menemukan hubungan antara kesehatan yang baik dan prestasi akademis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi program kesehatan dengan kurikulum pendidikan dapat memperbaiki pemahaman siswa, meningkatkan motivasi belajar, serta mendorong perilaku sehat yang berdampak positif terhadap hasil akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa membangun generasi yang sehat dan cerdas memerlukan sinergi antara pendidikan kesehatan dan strategi pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengambil kebijakan dan pendidik dalam merancang dan menerapkan program-program yang mendukung perkembangan holistik siswa.

Referensi

I. W. L. Nala and N. Indriani, “Pengembangan Ekowisata Sungai Berbasis Masyarakat di Desa Pela Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur,” J. Tour. Creat., vol. 4, no. 2, pp. 85–94, 2020.

L. Uce, “The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 1, no. 2, pp. 77–92, 2017.

Y. Arsini, L. Yoana, and Y. Prastami, “Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik,” MUDABBIR J. Reserch Educ. Stud., vol. 3, no. 2, pp. 27–35, 2023.

D. Hardiyanti, “Peran Guru dalam Pemberian Informasi ‘Isi Piringku’ Tentang Gizi yang Optimal pada Anak Usia Dini Kepada Orangtua di Wilayah Banyumanik,” Manggali, vol. 2, no. 2, pp. 244–252, 2022.

N. Nur and M. S. Nugraha, “Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi,” J. Arjuna Publ. Ilmu Pendidikan, Bhs. Dan Mat., vol. 1, no. 5, pp. 73–93, 2023.

W. Kurniawan and A. Sutopo, “Implementasi pojok baca untuk meningkatkan minat baca siswa mi muhammadiyah kartasura,” PaKMas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 37–42, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-23

Cara Mengutip

Ramadhani, Y., Lukman, L., Mahmuda, R. C., Sari, N. M., Nisa, J., Fajar, M., Rulwanda, M., Nuriani, E., Wahyuni, D., & Handayani, M. (2024). Membangun Generasi Sehat dan Cerdas dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Negeri 011 Kota Bangun Desa Pela Kecamatan Kota Bangun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Unikarta, 1(2), 9–16. Diambil dari https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/jpmu/article/view/1609