Membangun Generasi Sehat dan Cerdas dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Negeri 011 Kota Bangun Desa Pela Kecamatan Kota Bangun
Keywords:
Generasi Sehat, Generasi Cerdas, Pendidikan, Pengetahuan, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun generasi sehat dan cerdas melalui peningkatan pengetahuan siswa di Sekolah Dasar Negeri 011 Kota Bangun Desa Pela. Fokus utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi metode dan strategi efektif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini mengevaluasi program-program pendidikan yang ada serta kondisi kesehatan siswa untuk menemukan hubungan antara kesehatan yang baik dan prestasi akademis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi program kesehatan dengan kurikulum pendidikan dapat memperbaiki pemahaman siswa, meningkatkan motivasi belajar, serta mendorong perilaku sehat yang berdampak positif terhadap hasil akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa membangun generasi yang sehat dan cerdas memerlukan sinergi antara pendidikan kesehatan dan strategi pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengambil kebijakan dan pendidik dalam merancang dan menerapkan program-program yang mendukung perkembangan holistik siswa.
References
I. W. L. Nala and N. Indriani, “Pengembangan Ekowisata Sungai Berbasis Masyarakat di Desa Pela Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur,” J. Tour. Creat., vol. 4, no. 2, pp. 85–94, 2020.
L. Uce, “The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 1, no. 2, pp. 77–92, 2017.
Y. Arsini, L. Yoana, and Y. Prastami, “Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik,” MUDABBIR J. Reserch Educ. Stud., vol. 3, no. 2, pp. 27–35, 2023.
D. Hardiyanti, “Peran Guru dalam Pemberian Informasi ‘Isi Piringku’ Tentang Gizi yang Optimal pada Anak Usia Dini Kepada Orangtua di Wilayah Banyumanik,” Manggali, vol. 2, no. 2, pp. 244–252, 2022.
N. Nur and M. S. Nugraha, “Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi,” J. Arjuna Publ. Ilmu Pendidikan, Bhs. Dan Mat., vol. 1, no. 5, pp. 73–93, 2023.
W. Kurniawan and A. Sutopo, “Implementasi pojok baca untuk meningkatkan minat baca siswa mi muhammadiyah kartasura,” PaKMas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 37–42, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Unikarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.