Posko Mengajar terkait Keterampilan Bahasa Inggris dan Kreativitas Kerajinan Anak-Anak Desa Kota Bangun I Kecamatan Kota Bangun Darat

Authors

  • Muhammad Candra Pratama Mahasiswa Unikarta
  • Johansyah Johansyah Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Wina Destyany Andriyana Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Siti Nur Aisyah Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Aisyah Ramadhani Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Daniel Afyndhka Danari Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Febi Aulia Putri Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Ihsan Ihsan Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Revi Iban Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

Keywords:

Posko Mengajar, Bahasa Inggris, Seni Keterampilan, Kreativitas, Kerajinan Anak

Abstract

Program "Posko Mengajar" adalah inisiatif pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris dan kreativitas kerajinan pada anak-anak di Desa Kota Bangun I. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga anak-anak dapat mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris sekaligus mengekspresikan kreativitas mereka melalui berbagai kegiatan kerajinan tangan. Kegiatan ini meliputi pelajaran Bahasa Inggris yang terintegrasi dengan proyek-proyek kerajinan, seperti pembuatan kartu ucapan, origami, dan seni lukis, yang mendorong anak-anak untuk menggunakan bahasa Inggris dalam konteks praktis dan kreatif. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris anak-anak serta pengembangan keterampilan motorik halus dan daya imajinasi. Program "Posko Mengajar" tidak hanya berkontribusi pada peningkatan pendidikan anak-anak tetapi juga memperkuat keterlibatan masyarakat dalam mendukung pendidikan informal yang berkelanjutan.

References

U. Ulfah and O. Arifudin, “Implementasi bimbingan dan konseling di sekolah dalam kurikulum 2013,” J. Tahsinia, vol. 1, no. 2, pp. 138–146, 2020.

A. M. Abidin, “Pendidikan moral dan relevansinya dengan pendidikan Islam,” J. Paris Langkis, vol. 2, no. 1, pp. 57–67, 2021.

G. V. Pangestika, W. Wikusna, and A. H. Suryadi, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Murid Sekolah Dasar Berbasis Android,” eProceedings Appl. Sci., vol. 3, no. 3, 2017.

K. W. K. Fajariyanti, J. M. Sumilat, N. M. Paruntu, and C. Poluakan, “Analisa penerapan project based learning pada pembejalaran tematik,” J. Basicedu, vol. 6, no. 6, pp. 9517–9524, 2022.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Pratama, M. C., Johansyah, J., Andriyana, W. D., Aisyah, S. N., Ramadhani, A., Danari, D. A., Putri, F. A., Ihsan, I., & Iban, R. (2024). Posko Mengajar terkait Keterampilan Bahasa Inggris dan Kreativitas Kerajinan Anak-Anak Desa Kota Bangun I Kecamatan Kota Bangun Darat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Unikarta, 1(2), 17–22. Retrieved from https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/jpmu/article/view/1619

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)