Pengaruh Periklanan, Word Of Mouth Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Bening’s Di Batam

Penulis

  • Monica Putri Universitas Putera Batam
  • Nora Pitri Nainggolan Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1874

Kata Kunci:

Keputusan Pembelian, Periklanan, Personal Selling, Word Of Mouth

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh periklanan, word of mouth, dan personal selling terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk perawatan kulit Bening’s di Batam. Penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif dengan desain deskriptif, berfokus pada konsumen produk Bening’s di Batam pada tahun 2024 dengan jumlah populasi 650 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 100 respoden, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Proses analisis melibatkan pemeriksaan kualitas data, pengujian asumsi klasik, uji pengaruh, serta uji hipotesis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa periklanan memberikan kontribusi sebesar 44,0%, word of mouth 23,3%, dan personal selling 70,0% terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara kolektif memengaruhi 84,7% dari keputusan pembelian, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tak terjamah oleh studi ini. Pengujian statistik dengan uji t dan uji F mengonfirmasi adanya dampak positif dan signifikan dari periklanan, word of mouth dan personal selling terhadap keputusan pembelian produk

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-10

Cara Mengutip

Monica Putri, & Nora Pitri Nainggolan. (2025). Pengaruh Periklanan, Word Of Mouth Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Bening’s Di Batam. JEMI Is Managed and Published by the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Kutai Kartanegara University. Institutional Legality Is Reflected in the ISSN Number: 1411-9560 Published by LIPI in 2003 As a Manifestation of the Commitment of the Journal of Economics and Management to the Demands of Scientific Culture. Submit Your Best Paper to Be Published With the Indonesian Journal of Economics and Management. Authors Who Wish to Submit Articles to the Journal of Management Economics, Must Comply With the Writing Guidelines. If the Submitted Article Does Not Comply With the Writing Guidelines or Is Written in a Different Format, It Will Be REJECTED by the Editor before Further Review. Editors Only Accept Articles That Meet the Specified Format. Articles Written in Indonesian., 25(1), 1–13. https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1874

Terbitan

Bagian

Articles