PENGARUH DIGITAL MARKETING, CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING, DAN DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CAMILLE BEAUTY DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1759Kata Kunci:
Customer Relationship Marketing, Digital Marketing, Direct Marketing, Keputusan PembelianAbstrak
Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, penerapan strategi pemasaran yang tepat menjadi elemen penting untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh digital marketing, customer relationship marketing, dan direct marketing terhadap keputusan pembelian produk Camille Beauty di Kota Batam. Menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan populasi pengguna Camille Beauty di Kota Batam pada tahun 2024 yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penentuan sampel dilakukan dengan rumus Jacob Cohen, menghasilkan 204 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data mencakup uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Hasil uji t menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, customer relationship marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian serta direct marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F memperkuat simpulan bahwa digital marketing, customer relationship marketing, dan direct marketing berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dwi Putri Ariyani, Hikmah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.