PENGARUH DIGITAL MARKETING, CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING, DAN DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CAMILLE BEAUTY DI KOTA BATAM

Authors

  • Dwi Putri Ariyani Universitas Putera Batam
  • Hikmah Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1759

Keywords:

Customer Relationship Marketing, Digital Marketing, Direct Marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, penerapan strategi pemasaran yang tepat menjadi elemen penting untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh digital marketing, customer relationship marketing, dan direct marketing terhadap keputusan pembelian produk Camille Beauty di Kota Batam. Menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan populasi pengguna Camille Beauty di Kota Batam pada tahun 2024 yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penentuan sampel dilakukan dengan rumus Jacob Cohen, menghasilkan 204 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data mencakup uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Hasil uji t menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, customer relationship marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian serta direct marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F memperkuat simpulan bahwa digital marketing, customer relationship marketing, dan direct marketing berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-24

How to Cite

Dwi Putri Ariyani, & Hikmah. (2024). PENGARUH DIGITAL MARKETING, CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING, DAN DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CAMILLE BEAUTY DI KOTA BATAM. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 24(2), 82–95. https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1759

Issue

Section

Articles