Pengaruh Promosi, Citra Merek, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Shopee Di Kota Batam

Penulis

  • Siti Khaviva Consina Universitas Putera Batam
  • David Humala Sitorus Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v24i1.1454

Kata Kunci:

Citra merek, Desain produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh promosi, citra merek, dan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Shopee di Kota Batam. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi terdiri dari pembeli dari e-commerce Shopee yang tidak dapat diketahui jumlah pastinya. Sampel penelitian dapat menggunakan rumus Jacob Cohen dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 204 responden. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Metode analisis data mempergunakan dengan terdiri uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Temuan dari analisis regresi linier berganda bahwasanya promosi dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 34,5%. Citra merek dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 40,4%. Desain produk dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 47,0%. Temuan dari analisis koefisien determinasi (R2) bahwasanya promosi, citra merek serta desain produk dapat mencapai 53,3% dalam menjelaskan keputusan pembelian pada e-commerce Shopee di Kota Batam. Hasil penelitian melalui uji t dan uji f menunjukkan bahwa promosi, citra merek, dan desain produk secara parsial dan secara simulyan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Shopee di Kota Batam

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

Siti Khaviva Consina, & David Humala Sitorus. (2024). Pengaruh Promosi, Citra Merek, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Shopee Di Kota Batam. JEMI Is Managed and Published by the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Kutai Kartanegara University. Institutional Legality Is Reflected in the ISSN Number: 1411-9560 Published by LIPI in 2003 As a Manifestation of the Commitment of the Journal of Economics and Management to the Demands of Scientific Culture. Submit Your Best Paper to Be Published With the Indonesian Journal of Economics and Management. Authors Who Wish to Submit Articles to the Journal of Management Economics, Must Comply With the Writing Guidelines. If the Submitted Article Does Not Comply With the Writing Guidelines or Is Written in a Different Format, It Will Be REJECTED by the Editor before Further Review. Editors Only Accept Articles That Meet the Specified Format. Articles Written in Indonesian., 24(1), 158–170. https://doi.org/10.53640/jemi.v24i1.1454

Terbitan

Bagian

Articles