Pengaruh Promosi, Citra Merek, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Shopee Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.53640/jemi.v24i1.1454Kata Kunci:
Citra merek, Desain produk, Promosi, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh promosi, citra merek, dan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Shopee di Kota Batam. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi terdiri dari pembeli dari e-commerce Shopee yang tidak dapat diketahui jumlah pastinya. Sampel penelitian dapat menggunakan rumus Jacob Cohen dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 204 responden. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Metode analisis data mempergunakan dengan terdiri uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Temuan dari analisis regresi linier berganda bahwasanya promosi dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 34,5%. Citra merek dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 40,4%. Desain produk dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 47,0%. Temuan dari analisis koefisien determinasi (R2) bahwasanya promosi, citra merek serta desain produk dapat mencapai 53,3% dalam menjelaskan keputusan pembelian pada e-commerce Shopee di Kota Batam. Hasil penelitian melalui uji t dan uji f menunjukkan bahwa promosi, citra merek, dan desain produk secara parsial dan secara simulyan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Shopee di Kota Batam
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Khaviva Consina, David Humala Sitorus
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.