Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Batam

Authors

  • Rut Asianti Nainggolan Universitas Putera Batam
  • David Humala Sitorus Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1417

Keywords:

Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Review Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kualitas produk dan review produk terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee di Kota Batam. Populasi yang akan dikaji merupakan pengguna atau konsumen yang telah melakukan pembelian produk secara online melalui marketplace Shopee selama tahun 2023 dengan jumlah yang tidak dapat diketahui secara pasti. Untuk menentukan sampel, rumus Lameshow digunakan, sehingga terpilih 100 responden melalui metode purposive sampling. Proses analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan meliputi serangkaian langkah seperti uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 57,2% terhadap keputusan pembelian dan review produk memiliki pengaruh sebesar 24,1% terhadap keputusan pembelian. Temuan dari koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas produk dan review produk dapat menjelaskan 70,7% variasi dalam keputusan pembelian. Lebih lanjut, uji t dan uji F menegaskan bahwa kualitas produk dan review produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee di Kota Batam

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-23

How to Cite

Rut Asianti Nainggolan, & David Humala Sitorus. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 23(2), 49–59. https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1417

Issue

Section

Articles