Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1417Keywords:
Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Review ProdukAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kualitas produk dan review produk terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee di Kota Batam. Populasi yang akan dikaji merupakan pengguna atau konsumen yang telah melakukan pembelian produk secara online melalui marketplace Shopee selama tahun 2023 dengan jumlah yang tidak dapat diketahui secara pasti. Untuk menentukan sampel, rumus Lameshow digunakan, sehingga terpilih 100 responden melalui metode purposive sampling. Proses analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan meliputi serangkaian langkah seperti uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 57,2% terhadap keputusan pembelian dan review produk memiliki pengaruh sebesar 24,1% terhadap keputusan pembelian. Temuan dari koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas produk dan review produk dapat menjelaskan 70,7% variasi dalam keputusan pembelian. Lebih lanjut, uji t dan uji F menegaskan bahwa kualitas produk dan review produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee di Kota Batam
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rut Asianti Nainggolan, David Humala Sitorus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.