Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan, Dan Inovasi Terhadap Loyalitas Konsumen Maxim Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.53640/jemi.v24i1.1444Kata Kunci:
Digital marketing, Inovasi, Kepercayaan, Loyalitas KonsumenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh digital marketing, kepercayaan dan inovasi terhadap loyalitas konsumen Maxim di Kota Batam. Populasi pada penelitian ini memfokuskan pada individu yang berperan sebagai konsumen, telah menggunakan layanan Maxim selama tahun 2023, yang jumlah pastinya tidak dapat diketahui Sampel penelitian sejumlah 204 responden dipilih menggunakan rumus Jacob Cohen dengan penarikan didasari pada purposive sampling. Proses analisis data yang dilakukan melibatkan serangkaian langkah dalam regresi linier berganda, yang mencakup pengujian kualitas data, pengujian asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda mengindikasikan bahwa digital marketing memberikan pengaruh sebesar 35,3% terhadap loyalitas konsumen. Kepercayaan memiliki pengaruh sebesar 30,9% terhadap loyalitas konsumen. Inovasi memiliki pengaruh sebesar 22,5% terhadap loyalitas konsumen. Temuan analisis koefisien determinasi (R2) yang diperoleh menegaskan bahwa secara keseluruhan digital marketing, kepercayaan dan inovasi mampu menjelaskan sebanyak 56,3% variasi dalam loyalitas konsumen. Selain itu, melalui uji t dan uji F, diperoleh hasil yang memastikan bahwa digital marketing, kepercayaan dan inovaso memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, baik secara parsial maupun secara simultan, terhadap loyalitas konsumen Maxim di Kota Batam
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Setiawan Fau, M Khoiri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.